Mangrove
Sukseskan Pelaksanaan G20 dengan Menanam Ribuan Pohon Mangrove. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi pemanasan global serta menjaga ekosistem perairan, Kodim 1611/Badung melakukan penanaman ribuan pohon bakau (mangrove), di Taman Wisata  Mangrove Balai pengendalian perubahan iklim dan Karhutla Wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara Jalan By Pass Ngurah Rai Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan Kodim 1611/Badung merupakan program dari Kodam IX/Udayana yang dicanangkan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional di tengah Pandemi Covid-19, melalui Penanaman hutan Mangrove.

Baca Juga :  Pasca Pemilu, Kominfo Ajak Masyarakat Rajut Harmoni Bersatu Membangun Negeri

Dalam sambutannya, Danrem 163/WSA mengatakan bahwa Bali akan mendapatkan even besar yaitu menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Tahun 2022 mendatang hal ini merupakan langkah baik untuk memulihkan kembali pariwisata yang ada di Provinsi Bali, Hutan mangrove yang dibangun sejak Tahun 2003 ini akan menjadi percontohan bagi rehabilitasi ekosistem Mangrove di Provinsi lain di Indonesia.

Kodam IX/Udayana berpartisipasi untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 melalui penghijauan mangrove yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah di jajaran Kodam IX/Udayana sebanyak 35.950 bibit pohon. Diantaranya wilayah Kodim 1611/Badung sebanyak 4.000 bibit pohon mangrove, Kodim 1617/Jembrana sebanyak 5.000 bibit pohon,Kodim 1620/Lombok Tengah sebanyak 21.950 bibit pohon mangrove. Pada kegiatan tersebut Forkopimda juga melakukan Penandatanganan komitmen Bersama.

Baca Juga :  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Musnahkan 96 Box Arsip

Dandim 1611/Badung, Kolonel Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos., M.Si., menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan alam untuk menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah peisisir.

“Melalui gerakan ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada kita untuk lebih mencintai lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah Peisisir, serta bertujuan sebagai pilar penyangga kehidupan dalam mencegah pemanasan global dan perubahan iklim khususnya,” ucap Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Gubernur Bali diwakili Kadis DLHK Prov. Bali, Kasdam IX/Udyana, Danrem 163/Wira Satya, serta Wali Kota Denpasar. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News