Mewinten
Serangkaian Pujawali Pura Niti Praja, Bupati Tamba dan Pejabat Gelar Pawintenan Saraswati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Serangkaian dengan pujawali di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Hari ini, Rahina Purnama Kapitu, Sabtu (18/12/2021) pada puncak pujawali dilaksanakan upacara Pawintenan Saraswati.

Ucapara Pawintenan yang dipuput oleh Ida Rsi Agung Bang Pinatih dari Grya Agung Wang Bang Pinatih Padang Sambian, Denpasar tersebut diikuti secara langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna didampingi istri masing-masing. Selain itu pada upacara ini juga diikuti oleh pimpinan eselon II dan III beserta istri di masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Baca Juga :  Jaya Negara-Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Caka 1946, Momentum Mulat Sarira dan Sinergi Lintas Sektor Menuju Denpasar Maju

Usai pelaksanaan pawintenan, Bupati I Nengah Tamba mengucapkan terima kasih (matur suksma) kepada Ida Rsi Agung Bang Pinatih yang telah hadir guna muput ucapara pawintenan saraswati sehingga dapat berlajan dengan lancar, termasuk juga kepada seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana, pihaknya menyampaikan terima kasih.

“Makna Pawintenan Saraswati sendiri, kita sudah berjalan hampir 1 tahun dalam megelola pemerintahan, dihari yang baik ini Rahina Purnama, seperti halnya sebuah Handphone, perlu untuk di-refresh (menyegarkan) untuk menyambut tahun 2022. Kita ke depannya lebih berpacu lagi, semoga sesuai dengan harapan kita di tahun 2022 perjalanan pemerintahan di Jembrana harus semakin bagus dan bisa melayani masyarakat dengan sempurna,” ujarnya.

Baca Juga :  Festival Lelakut 2024, Merayakan Tradisi dan Kearifan Lokal

Sementara itu Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya yang didampingi Kasubag Kesejahteraan Rakyat, Ida Bagus Ketut Surya Putra mengatakan pada puncak piodalan di Pura Niti Praja ini selain upacara pawintenan, juga akan dilangsungkan puncak pujawali, yang akan dipuput oleh Ida Pedanda Gede Manuaba dari Grya Megati Desa Batuagung dengan tingkatan bebangkit.

“Untuk panyineban Ida Bhatara sendiri, akan dilangsungkan nanti malam, pada pukul 19.00 WITA yang sebelumnya akan diisi dengan sesolahan Topeng Sidakarya,” ucapnya.

Baca Juga :  Rangkaian Nyepi, Pemkot Denpasar Gelar Tawur Agung Tilem Kesanga di Kawasan Catus Pata Patung Catur Muka

Usai pelaksanaan upacara pawintenan, juga diisi dengan dharma wecana oleh Ida Rsi Agung Bang Pinatih kepada seluruh perangkat pimpinana di lingkup Pemkab Jembrana serta penyerahan sertifikat dari Yayasan Tri Murti kepada Bupati Jembrana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News