Wirausaha
Putri Koster Dorong Para Siswa Bangun Jiwa Wirausaha. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster didampingi para pengurus TP PKK Provinsi Bali membuka acara Pameran Projek Sekolah Penggerak dan Expo Kreativitas Siswa di SMA Negeri 4 Denpasar, Selasa (28/12/2021).

Mengawali arahannya, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyampaikan apresiasinya atas kegiatan pada pagi hari ini, di mana para siswa mengisi waktunya tidak hanya dengan kegiatan belajar tetapi juga mengasah kemampuan sesuai dengan minat dan bakat masing masing.

Bunda Putri meminta agar para siswa terus mengasah bakat serta mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha. Dengan demikian para siswa yang merupakan generasi emas penerus bangsa tidak hanya menjadi penonton di negeri sendiri melainkan bisa menjadi tuan rumah dengan mengasah kemampuan baik itu bakat maupun jiwa wirausaha.

Baca Juga :  Arya Wibawa Resmikan Bank Sampah Sedana Kumara ST. Panca Kumara

“Sekarang diharapkan tumbuh jiwa wirausaha. Jika pandai mendesain baju kembangkan bakat tersebut hingga bisa menghasilkan desain yang mempengaruhi trend di masyarakat. Kita fokus menghasilkan sesuatu dengan mengasah talenta yang kita miliki,” ujarnya.

Pada bagian lain, wanita yang juga banyak mengukir prestasi semasa di sekolah ini berharap agar para siswa selalu menghormati Catur Guru. Baik itu Guru Rupaka (orang tua), Guru Pengajian (guru), Guru Wisesa (pemerintah) serta Guru Swadhyaya, yakni Ida Sang Hyang Widhi.

“Jadilah kalian generasi muda yang miliki kecerdasan, keterampilan, pengalaman serta berakhlak mulia yang semua itu didapat dari Catur Guru, untuk itu jangan sampai kita alpaka guru,” tuturnya.

Baca Juga :  Jaya Negara Buka Pameran Ten Fine Art, Ajak Seniman Tetap Berkarya dengan Berbasis Akar Kebudayaan

Pendamping orang nomor satu di Bali ini juga mengingatkan para siswa untuk menjaga diri dengan baik sehingga terhindar dari pengaruh negatif, baik itu narkoba, seks bebas maupun hal negatif lainnya, sehingga akan tumbuh generasi muda yang kuat, tangguh dan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 4 Denpasar, I Made Sudana. Dimana dalam kegiatan ini para siswa diajak mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan, bagaimana mengolah dan mengemas suatu produk ke konsumen. Di samping itu dapat membangun pengetahuan, kerjasama serta kewirausahaan.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Boy Jayawibawa, Bunda Putri berkesempatan membagikan sembako kepada tukang kebun, tukang sapu serta Jero Mangku yang ada di lingkungan sekolah. Paket sembako yang diberikan sebanyak 45 paket dimana masing masing penerima mendapatkan 5 paket yang berisikan beras, minyak goreng serta gula pasir yang merupakan bantuan sembako dari Anggota DPR RI Dapil Bali, Kariasa Adnyana. Tidak hanya itu, Bunda Putri juga membagikan kain tenun endek Bali kepada para guru dan pegawai di sekolah tersebut.

Baca Juga :  Putri Koster Gandeng YKI Bali Bersinergi Sosialisasi Pencegahan Kanker di Bali

Di akhir acara, Ny Putri Koster beserta rombongan berkesempatan meninjau langsung stand pameran sekolah penggerak, stand kreativitas siswa serta stand kuliner. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here