BUMD
Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng Raih Perpamsi Award 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Perumda Air Minum Tirta Hita Kabupaten Buleleng berhasil meraih Perpamsi Award 2021 dalam kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum Sehat Cakupan pelayanan kabupaten.

Penghargaan ini menyusul penghargaan sebagai kabupaten terbaik dalam penyelenggaraan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021 dalam penyediaan air bersih yang tidak tercakup oleh Perumda Tirta Hita Buleleng.

“Ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Buleleng untuk menyediakan air bersih secara maksimal,” ujar Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat dikonfirmasi mengenai keberhasilan meraih penghargaan tersebut, Rabu (8/12/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan Pemkab Buleleng terus melakukan upaya maksimal untuk penyediaan air bersih. Melalui Dinas Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Buleleng, infrastruktur terus dibangun. Utamanya untuk daerah atau desa yang belum terjangkau oleh air bersih atau air minum dari Perumda Tirta Hita Buleleng.

Baca Juga :  Jumlah Formasi 3.871, Sekda Suyasa: Jangan Terpengaruh Oknum pada Rekrutmen P3K

“Kita semua terus berupaya keras agar pemenuhan air bersih di Kabupaten Buleleng bisa tercapai,” jelasnya.

Dengan diraihnya penghargaan ini, merupakan perpaduan kinerja yang baik antara pemerintah daerah dan BUMD. Bagaimana BUMD menyediakan air bersih untuk daerah cakupannya dan pemerintah daerah dengan berbagai upaya untuk pemenuhan di luar daerah cakupan BUMD air minum. Dengan perpaduan upaya maksimal tersebut, diharapkan pemenuhan air bersih atau air minum bisa dicapai secara maksimal.

“Saya sangat berterima kasih kepada DPUTR dan juga Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dalam kinerja yang sudah sangat maksimal dalam pemenuhan air bersih ataupun air minum,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Made Lestariana menyebutkan Perpamsi Award tahun 2021 ini diterima saat Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum  Nasional (MAPAMNAS) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) ke XIV tahun 2021 di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (8/12/2021). Kegiatan ini dilakukan empat tahun sekali. Dalam hal ini, Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng berhasil meraih Perpamsi Award tahun 2021 pada kategori BUMD Air Minum yang Sehat.

“Baik itu dalam cakupan, keuangan, pelayanan operasional, dan SDM,” sebutnya.

Baca Juga :  Sinergi Pemkab Buleleng Bersama FAD Buleleng Dalam Memastikan Pemenuhan Hak Anak

Dirinya menambahkan daerah cakupan layanan Perumda Air Minum Tirta Hita sudah 65 persen di 68 desa. Sedangkan untuk Kabupaten Buleleng, sudah mencapai 33-34 persen. Jumlah sambungan berdasarkan audit BPKP tahun 2020 sebanyak 57 ribu lebih.

“Sedangkan, kondisi terakhir pelanggan kita sampai saat ini sudah 59 ribu di 68 desa,” imbuh Lestariana. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News