Recoveyr Pariwisata
Pekan Recovery Pariwisata, Potensi Desa untuk Membangun Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – ‘Bangkit, Bersatu, Tumbuh Bersama Pemuda Membangun Ekonomi Desa’, Itulah tema atau jargon yang diusung oleh Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Surya Dhyana Kresna saat melaksanakan kegiatan penguatan kreativitas pemuda melalui Pekan Recovery Pariwisata di Taman Edelweiss, Desa Temukus, Kecamatan Rendang, Karangasem pada tanggal 11—12 Desember 2021.

Kegiatan yang disponsori oleh Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dikemas dengan kegiatan formal pada Sabtu (11/12/2021) dan kegiatan santai pada Minggu (12/12/2021).

Baca Juga :  Menyapa dan Berbagi, Putri Koster Ajak Masyarakat Karangasem Kreatif Kembangkan Potensi Daerah

Hari pertama, kegiatan dibuka oleh Perbekel Besakih, I Wayan Benya. Setelah itu, kegiatan diisi dengan pelatihan penguatan kreativitas oleh pakar di bidangnya. Para narasumber yang dihadirkan saat itu adalah I Nyoman Mastra, inisiator Agrowisata Abian Salak Sibetan yang membawakan materi tentang Pengembangan Entrepreneur Berbasis Potensi Desa, Pande Agus Adiwijaya, S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor I ITP Markandeya Bali yang membawakan materi Story Telling on Tourism, dan I Wayan Budiarta, S.Pd., M.Pd., Kasatdik SMPN 2 Rendang yang membawakan materi tentang Moderasi dan Aksi Peduli Lingkungan Berbasis PHBS.

Dalam penyampaian materi oleh 3 narasumber ini bisa ditarik simpulan oleh pengelola Taman Edelweis Bali, I Nengah Sueca. “Dapat kita simpulkan dari hal-hal yang disampaikan oleh para narasumber bahwa 1) pemuda harus bisa melihat peluang mengembangkan potensi desa agar bisa meningkatkan perekonomian desa, 2) pemuda harus bisa menceritakan potensi pariwisata kepada pengunjung dengan ramuan Sapta Pesona, dan 3) pemuda harus bisa menceritakan potensi pariwisata kepada pengunjung dengan ramuan Sapta Pesona,” ucap Nengah Sueca.

Kegiatan yang diketuai oleh I Komang Widnyana, S. Pd. ini diakhiri dengan kegiatan Peken Tenten Edelweis pada hari kedua. “Peserta dalam kegiatan ini ada 50 orang yang berasal dari pemuda yang tersebar di Desa Adat Temukus, Desa Adat Tukad Belah, Desa Adat Tatib, Karang Taruna Giri Kusuma Besakih, Karang Taruna Wisma Remaja Menanga,” ujar Widnyana.  Kegiatan ditutup dengan aksi bersih lingkungan.(sgn/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini