Notepad
Floating Bar Search, Find & Replace. Sumber Foto : blogs.windows.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bagi pengguna sistem operasi Windows milik Microsoft tentu sudah tidak asing dengan aplikasi Notepad, aplikasi yang sudah terinstall saat pengguna menginstall sistem operasi Windows.

Notepad merupakan aplikasi teks editor sederhana yang sering digunakan untuk membuka file dengan tipe teks, Notepad telah dirilis sejak tahun 1983 dengan nama awal Multi-Tool Notepad yang dibuat oleh Richard Brodie, orang sama yang membangun Microsoft Word.

Mengutip dari website resminya pada Selasa (7/12/2021), saat ini Microsoft sedang menguji desain ulang aplikasi Notepad, dengan menambahkan beberapa fitur modern, seperti mode gelap, antarmuka search/find & replace  yang lebih baik, proses undo yang lebih baik, dan banyak lagi.

Sementara dari sisi pembaruan visual seperti penambahan mode gelap, menu klik kanan yang diperbarui, dan materi tampilan yang mengadopsi tema baru Windows yang terlihat lebih baik, pembaruan fungsional mungkin akan menjadi peningkatan terbesar bagi para pengguna yang benar-benar mengetik di Notepad.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Dalam versi aplikasi saat ini yang dijalankan dengan Windows 11, fitur search dan find & replace adalah dua jendela pop-up yang berbeda, dan diakses melalui shortcut keyboard yang berbeda. Desain ulang ini akan menggabungkannya menjadi satu bar yang mengambang, yang akan sangat berbeda seperti saat ini yang terlihat sama seperti dari era Windows XP.

Microsoft juga mengatakan akan menambahkan undo multi-step, yang menggantikan sistem undo versi lama yang hanya memungkinkan pengguna mundur satu langkah saja.

Microsoft sedang berfokus pada pembaruan yang lebih kecil untuk membuat Notepad tidak terasa seperti teks editor yang ketinggalan zaman. Versi redesain Notepad baru ini baru hanya tersedia untuk Windows 11 Insiders melalui Dev channel saja, dan belum dirilis secara publik oleh Microsoft. (kmg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News