TIK
Bupati Buleleng Dorong Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mendorong peningkatan kapasitas SDM khususnya di bidang komunikasi dan informatika.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kemkominfo dalam rangka sinergi program peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika di Hotel Le Meridien Jimbaran, Selasa (21/12/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, akan ada pelatihan-pelatihan bagi SDM di Buleleng. Khususnya di bidang komunikasi dan informatika. Dengan adanya pelatihan-pelatihan dari Kemenkominfo, diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan SDM yang ada.

“Semoga dengan kerja sama ini nantinya bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada di Buleleng,” jelasnya.

Dirinya menyambut baik adanya kerja sama dengan Kemenkominfo dalam memajukan SDM di Buleleng khususnya di bidang komunikasi dan informatika. Dengan adanya kerja sama ini, ke depan akan diadakan berbagai pelatihan terkait komunikasi dan informatika, yang akan menyasar ASN, aparatur desa, para pelajar, dan masyarakat. Tujuan pelatihan adalah membentuk seluruh lapisan masyarakat yang semakin sadar digital.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kominfo. Mohon dukungannya, untuk terus didampingi kita sehingga semakin maju,” ucap Agus Suradnyana.

Baca Juga :  Bupati Suradnyana Apresiasi Positif Ranperda Penyelenggaraan PAUD

Agus Suradnyana menambahkan bidang teknologi informasi merupakan tulang punggung perkembangan teknologi dalam era revolusi industri 4.0. Menurutnya, untuk mampu bersaing secara global kapasitas mumpuni SDM mengenai teknologi informasi dan komunikasi tidak terelakkan. Kerja sama ini merupakan kesempatan baik dalam mempersiapkan hal tersebut. Pelatihan yang direncanakan menyerap ribuan SDM akan dilakukan mulai tahun 2022.

“Saya sangat mendukung program ini. Terlebih lagi Kemenkominfo RI memberdayakan dan memanfaatkan SDM yang ada di Kabupaten Buleleng. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih pada Kemenkominfo RI karena Kabupaten Buleleng sudah dipercaya dan diberikan kesempatan melakukan kerja sama ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng Harapkan Isoman Mau Dipindahkan ke Tempat Isoter

Sementara itu, Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo Hary Budiarto mengungkapkan bahwa sinergi dengan pemerintah daerah diperlukan untuk mewujudkan masyarakat digital dari berbagai tingkatan. Sebanyak lima ribu talenta digital dicanangkan pada tahun 2022. Jika peminatnya tambah banyak, tentunya tidak terbatas pada lima ribu itu.

“Kalau peminat bertambah di daerah-daerah sekitar nanti kita bantu. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati karena kita sudah bisa melakukan kerja sama,” ungkapnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang tersebut untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan. Semua punya kesempatan untuk ikut pelatihan digital dari Kemenkominfo.

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Pengkab TI Kembangkan dan Optimalkan Potensi Taekwondo di Buleleng

“Selamat kepada masyarakat Buleleng. Jangan sia-siakan kesempatan ini,” pungkas Hary Budiarto.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini