Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021
Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha menerima penghargaan dari Ketua Tim Penilai, Nunus Supardi, kategori Lembaga Pemerintah Daerah di Ruang Pertemuan Dinas Kebudayaan Puspem Badung, Kamis (23/12/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Kabupaten Badung meraih Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI, dengan Kategori Lembaga Pemerintah Daerah berupa plakat dan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Tim Penilai Kategori Lembaga Nunus Supardi.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Badung diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kebudayaan Puspem Badung, Kamis (23/12/2021).

Turut hadir Tim Penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nunus Supardi beserta rombongan, Sekretaris dan para pejabat dilingkungan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.

Dalam kesempatan ini Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha juga melaksanakan perekaman untuk mendokumentasikan fropil dan testimoni penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia Tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Baca Juga :  Piodalan Mepedudusan Agung lan Mapeselang di Pura Penataran Agung Pucak Mangu

Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha mengatakan penghargaan untuk Kabupaten Badung merupakan kategori lembaga berdedikasi terhadap kebudayaan.

Mewakili Bupati Badung pihaknya mengucapkan terimakasih karena Kabupaten Badung sudah menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang mendapat kesempatan dan masuk nominasi dalam kategori Lembaga Pemerintah Daerah sehingga Badung mendapatkan penghargaan atau anugerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya, ini merupakan apresiasi bergengsi yang patut disyukuri. Anugerah Kebudayaan Indonesia merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada individu, kelompok, dan atau lembaga. Khususnya kepada mereka yang berkontribusi, berprestasi dan berdedikasi tinggi terhadap upaya pemajuan kebudayaan mulai dari perlindungan, pengembangan, pembinaan, dan pemanfaatan Indonesia.

”Program ini adalah bentuk komitmen pemerintah terhadap pemajuan kebudayaan dalam rangka pembangunan jati diri dan penguatan karakter bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Meningkatkan Kesadaran Prokes di Masyarakat, Kodim Badung Sebar 1.300 Masker

Sementara Ketua Tim Penilai Nunus Supardi menyampaikan selain Kabupaten Badung, ada Kota Solo, yang juga menerima penghargaan serupa. Keduanya berhak menerima plakat dan sertifikat.Penerima penghargaan adalah individu, kelompok, atau lembaga yang telah berprestasi dan memberikan kontribusi dalam bidang kebudayaan, sesuai dengan kategorisasi, kriteria dan persyaratan.

“Anugerah Kategori Lembaga Pemerintah Daerah adalah Penghargaan Kebudayaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota yang memiliki dan mengelola sumber daya alam dan budaya secara kreatif, berkeseimbangan, dan berkelanjutan yang melibatkan partisipasi masyarakat sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat dan menginspirasi masyarakat luas, sekali lagi selamat kepada Kabupaten Badung,” ucapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini