Alexa
Pengumuan penutupan layanan Alexa. Sumber Foto : kmg/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Amazon mengumumkan akan menutup Layanan pemeringkatan website Alexa, mengutip dari halaman support pada website Alexa pada Selasa (14/12/2021) menyatakan “Dua puluh lima tahun yang lalu kami mendirikan Alexa Internet. Setelah lebih dari dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami akan menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk riset konten, analisis kompetitif, riset kata kunci , dan masih banyak lagi”.

Alexa berdiri pada tahun 1996 sebagai perusahaan independen, kemudian pada tahun 1999 diakusisi oleh Amazon.

Baca Juga :  Kuasai Narkoba Jenis DMT, Bule Asal Rusia Diciduk BNNP Bali

Dengan nama lengkap Alexa Internet, Alexa berfokus pada pengumpulan data pengguna internet dan dikirimkan ke pusat data Alexa, kemudian dianalisa untuk menjadi acuan dari laporan traffic yang diberikan kepada perusahaan yang berlangganan layanan Alexa.

Kemudian pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar.

Pihak Alexa maupun Amazon belum mengeluarkan penjelasan dibalik penutupan layanan tersebut, layanan Alexa sendiri telah menghentikan pendaftaran bagi palanggan baru mulai 8 Desember 2021, bagi pelanggan yang sudah berlangganan masih bisa menggunakan layanan hingga 1 Mei 2022, dan bagi para developer masih bisa menggunakan API Alexa hingga 15 Desember 2022. (kmg/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini