Satria Data
UGM Sabet Gelar Juara Umum Satria Data 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Komunitas Komastagama UGM berhasil menyabet gelar juara umum dalam ajang kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2021, yang diumumkan melalui portal Youtube Pusat Prestasi Nasional, Jumat (26/11/2021).

Gelar juara umum diraih UGM dengan mengantongi sederet juara dari empat kategori lomba. Prestasi tersebut adalah Juara 1 Kategori Statistic Infographic Competition, Juara 2 Kategori Statistic Infographic Competition, Juara 2 Kategori National Statistic Competition, Best Presentation Kategori Statistics Essay Competition, Best Creativity Kategori Statistics Essay Competition, Master of Analysis Kategori National Statistic Competition, The Most Scalable Aglorithm Kategori Big Data Challenge.

“Komastagama yang baru diresmikan tahun 2021 ini memiliki tantangan untuk berani mengambil peluang menjadi juara. Berkat usaha dan kerja keras tim akhirnya mampu menghantarkan Komastagama menjadi juara umum SATRIA DATA 2021,” jelas Ketua Komastagama, Meisal, Senin (29/11/2021).

Pada bidang NSC, UGM diwakili oleh Arum Sekar Murdaya dan Muhammad Adelft Ramadhan dari Fakultas MIPA. Ruth Cornelia Nugraha dan Nailis Arum Tazilla, mahasiswa dari Fakultas MIPA serta Ade Firmansyah, mahasiswa dari Fakultas Teknik mewakili UGM pada bidang SEC. Dua mahasiswa berasal dari Fakultas MIPA, yakni Tetuko Titah Gusti dan Vincensius Dimas Restu Wiranda menjadi kontingen yang maju untuk bidang SIC. Sedangkan untuk kategori BDC, UGM mengirimkan dua mahasiswa yaitu Dhestar Bagus Wirawan dari Fakultas MIPA dan Rizky Alif Ramadhan dari Fakultas Teknik.

Baca Juga :  Video Viral Presiden Jokowi "Makan Siang Gratis" Ternyata Hoaks

Meisal memaparkan pada kategori NSC, peserta diminta memecahkan permasalahan statistika secara luas dan menganalisis data dengan cermat sehingga dapat memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan yang diberikan. Sedangkan pada kategori SEC peserta ditantang menuliskan ide-ide kreatif mereka dalam karya tulis berbentuk esai terkait bidang ilmu statistika dan sains data dalam berbagai aspek.

Berbeda dengan keduanya, dalam kategori SIC peserta dimnta untuk mengubah informasi-informasi yang terkandung dalam topik yang telah disediakan, menjadi suatu infografis yang menarik dan komprehensif. Terakhir, kategori BDC mewajibkan pesertanya membuat rekomendasi atau solusi terhadap masalah nyata secara analitika. Permasalahan yang digunakan dalam kompetisi merupakan masalah bisnis/operasional/strategik yang dihadapi.

Baca Juga :  Tingkatkan Optimalisasi Peran Organisasi Bagi Masyarakat, DWP Kota Denpasar Kaji Tiru ke DWP Kota Yogyakarta

Kompetisi Satria Data merupakan kompetisi tahunan berskala nasional yang didukung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data. Kompetisi Satria Data tahun ini terdiri dari empat kategori yakni, National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

Secara keseluruhan Satria Data diharapkan dapat melihat dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang statistika, sains data, serta penerapannya. Tidak hanya kemampuan hardskill dalam bidang statistika dan sains data yang akan dikompetisikan, namun juga kemampuan softskill seperti komunikasi, visualisasi, kerjasama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News