Fakultas Pariwisata
Prodi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Gelar Webinar, Bahas Transformasi Industri MICE di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Webinar dengan tema ‘Transformasi Industri MICE BALI di Era New Normal’ digelar oleh Prodi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Fakultas Pariwisata secara online via Webex Meeting, Sabtu (27/11/2021) dengan pembicara utama Dr. Luh Yusni Wiarti, M.Par, M.Rech, CHE, CEE dan Dr. I Gusti Putu Bagus Sasrawan Mananda, SST.Par., M.M., M.Par.

Hadir juga dalam kesempatan ini Wakil Dekan Bidang Informasi dan Kemahasiswaan .Dr. Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si., beserta sejumlah dosen dan peserta webinar yang didominasi oleh mahasiswa.

Baca Juga :  TP. PKK Kabupaten Gianyar Gelar Webinar Optimalkan Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK

Dr. Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan webinar ini.

“Ini yang saya suka di Fakultas Pariwisata, (bahwa) ternyata akhir pekan sekalipun tidak menyurutkan semangat kita untuk menimba ilmu,” ungkap Sukma.

Selain itu dalam sambutannya juga, Dr. Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si, menyoroti pelaksanaan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) yang diselenggarakan oleh pemerintah di Bali selama ini kebanyakan dilaksanakan di hotel-hotel.

“Saya menggaris bawahi kemungkinan untuk melaksanakan berbagai event MICE ini di desa wisata atau tempat-tempat terbuka lainnya sehingga membantu perekonomian masyarakat desa, terutama di tengah situasi sulit karena pandemi seperti saat ini, ”terangnya.

Baca Juga :  FTP Unud Beri Pembinaan dan Pendampingan Pengembangan Produk Kreatif Penunjang Industri Pariwisata di Desa Bakas dan Desa Tihingan

Dalam pemaparan materinya, Dr. Luh Yusni Wiarti, M.Par, M.Rech, CHE, CEE., menjelaskan fenomena, isu, dan kesenjangan dalam pelaksanaan event selama pandemi ini. Ia mengemukakan bahwa digitalisasi pelaksaan event merupakan salah satu bentuk transformasi industri MICE saat ini. Yusni mencontohkan konser virtual yang diselenggarakan di Korea Selatan yang meskipun digelar dalam situasi pandemi justru mampu menjadi event online yang paling berhasil.

“Ketika kita masih berpikir bagaimana MICE ini bertransformasi, Korea justru sudah melakukan dan berhasil,” ungkapnya.

Baca Juga :  Musyawarah Anggota KOMPAK FK Unud 2022

Seusai pemapaparan materi kedua seputar peluang pekerjaan yang bisa dilirik dalam pelaksanaan MICE di tengah pandemi saat ini, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini