Napi Bunuh Diri
Seorang Napi di Lapas Singaraja Nekat Bunuh Diri, Berhasil Diamankan Petugas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Nyawa Seorang Warga Binaan Pemasayrakatan (WBP) atau Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja nyaris saja berakhir. Pasalnya, yang bersangkutan berniat untuk mengakhiri hidup di dalam kamar tahanan, namun berhasil digagalkan oleh petugas yang berjaga.

Kejadian yang terjadi pada Kamis (18/11/2021) sekiranya pukul 21.00 WITA tersebut, sontak membuat heboh seluruh WBP yang ada di Lapas Singaraja. Percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh yang bersangktuan yaitu dengan cara meminum cairan diterjen, sempat diketahui oleh rekannya sesama WBP yang langsung membunyikan alarm sehingga kejadian tersebut diketahui oleh petugas yang berjaga.

Baca Juga :  Wabup Sutjidra Minta Undiksha Terus Berkolaborasi dengan Pemkab Buleleng

Dalam keterangan persnya, pada Sabtu (20/11/2021), Kalapas Kelas IIB Singaraja, Mut Zaini menjelaskan, petugas yang mengetahui hal tersebut dengan sigap mengambil langkah cepat, untuk menghubungi petugas kesehatan yang kemudian diarahkan langsung menuju ke Rumah Sakit yang sebelumnya sudah mendapatkan izin langsung darinya.

“Setibanya di Rumah Sakit, yang bersangkutan langsung mendapatkan penanganan lebih lanjut didaampingi petugas kesehatan, petugas jaga, dan Perwira Piket,” jelasnya.

Selanjutnya, Lebih Kalapas Singaraja menyampaikan bahwa WBP tersebut diketahui tidak pernah memiliki masalah ataupun pelanggaran di dalam Lapas, sehingga dugaan sementara WBP meminum cairan diterjen tersebut dikarenakan adanya masalah pribadi yang tidak ada kaitannya dengan Lapas.

Baca Juga :  Miliki Potensi Ekonomi yang Tinggi, Berbagai Hasil Karya Warga Binaan Lapas di Pamerkan oleh Kemenkumham Bali

“Langkah cepat sudah kami ambil. Dan Kami harapkan kejadian ini tidak terulang kembali,” tegas Zaini.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk mengatakan, bahwa saat ini pihak Lapas Kelas IIB Singaraja masih mendalami penyebab dari upaya bunuh diri yang dilakukan oleh seorang WBP tersebut.

Jamaruli juga menyampaikan apresiasi atas kesigapan dari Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja beserta jajarannya dalam penanganan upaya bunuh diri yang dilakukan salah seorang WBP Lapas Kelas IIB Singaraja sehingga yang bersangkutan bisa diselamatkan. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here