Media Online Baliportalnews.com
Adi S, Pemred Baliportalnews.com. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM – Seiring dengan makin berkembangnya bisnis di industri media yang mulai memasuki era digitalisasi, menjadi perhatian serius bagi para pelaku ‘start up’ atau perusahaan yang bergerak di industri media digital dan online, untuk dapat beradaptasi seiring perkembangan teknologi yang juga sangat berpengaruh terhadap aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menciptakan penghasilan yang tak terbatas melalui pemanfaatan potensi platform digital secara konsisten agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai secara efisien dan efektif.

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi yang merasuki industri media saat ini, menimbulkan adanya kebutuhan baru dari segi peralatan ataupun mesin-mesin yang lebih canggih dan efesien untuk dipergunakan oleh perusahaan.

Dampaknya, hal tersebut mengakibatkan adanya beberapa jenis pekerjaan yang hilang dan muncul jenis pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan lebih memadai, sehingga perlu adanya mentorisasi terhadap SDM yang dimiliki oleh perusahaan, agar mampu mengikuti arus perkembangan dan menghasilkan kinerja lebih baik yang memiliki daya saing positif untuk kemajuan suatu perusahaan.

Sebagai salah satu pelaku di industri media digital, sekaligus pendiri dari perusahaan PT. Media Bali Bersinar, sudah seharusnya mampu untuk menjadi mentor bagi organisasi yang dimiliki perusahaan agar mampu beradaptasi dengan keadaan tersebut.

Baca Juga :  Rai Wirajaya Gandeng Bank Mandiri Serahkan Sembako di Banjar Binoh Kaja

Dalam hal ini, SDM merupakan aset yang sangat penting dari suatu organisasi perusahaan, yang memiliki peran sangat vital dan strategis karena keberadaannya tidak bisa tergantikan oleh sumber daya yang lain, walaupun kemajuan teknologi atau seberapapun sumber daya dana yang tersedia, tanpa adanya dukungan SDM yang berkualitas dan kompeten, semuanya menjadi tidak bermakna.

Pelatihan dan pengembangan tenaga kerja secara terencana dan berkesinambungan menjadi sesuatu hal yang mutlak, agar perusahaan dan pelaku dalam dunia industri media digital itu sendiri mampu untuk terus maju dan berkembang. Mentoring atau coaching perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan efektivitas kerja dari anggota organisasi melalui percakapan yang intensif, pengarahan diri, dan peningkatan kepercayaan diri untuk dapat berkontribusi positif pada organisasi perusahaan.

Baca Juga :  Aroma Bumbu Bernama Zonasi

Implementasi strategi yang didukung oleh kebijakan untuk mengatur mekanisme kerja, dapat menciptakan budaya kerja yang lebih profesional dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Dengan kata lain, SDM yang berkualitas tinggi merupakan aset yang sangat berguna bagi organisasi.

Akan tetapi, dengan perkembangan masa dan juga pertumbuhan organisasi, potensi tetap harus terus diasah dan ditingkatkan agar dapat mengikuti tuntutan dinamika lingkungan. Perusahaan yang baik dan maju akan selalu peduli terhadap pengembangan potensi sumber daya manusianya. Pengembangan karyawan merupakan kunci bagi strategi bisnis yang didasarkan pada pengembangan modal intelektual, mengembangkan talenta manajerial, dan memberi kesempatan bagi anggota organisasi untuk bertanggung jawab atas kariernya sendiri.

Baca Juga :  Hadir Pertama di Bali, “Honda Virtual Expo” Berikan Beragam Promo dan Solusi Mudah Beli Motor Honda

Tidak hanya harus memperhatikan hal tersebut, seorang mentor di organisasi perusahaan juga harus peka terhadap perkembangan dunia usaha dan bisnis media digital, perkembangan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, serta perkembangan hubungan internasional di bidang sosial, politik, dan ekonomi, selain menjadi pemberi manfaat bagi organisasi, seorang mentor perusahaan juga harus mampu menghasilkan produk yang berkualitas bagi masyarakat selaku konsumen utamanya.

Maka dari itu, perlu adanya program dan pedoman yang terencana sehingga semua dapat berjalan baik, serta evaluasi secara berkala perlu dilakukan untuk meninjau pencapaian target yang telah ditentukan oleh organisasi.

Dengan demikian, jika dipahami konsepnya dengan baik dan benar, pengembangan kualitas SDM menjadi pendekatan yang cukup baik, sebagai langkah awal untuk menciptakan penghasilan tak terbatas melalui pemanfaatan platform digital, yang berdampak positif bagi perusahaan hingga konsumennya.

Oleh: A.A. Rai Krisna, S.Ikom, Jurnalis Baliportalnews.com

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini