Ubin Listrik
Mahasiswa UGM Gagas Ubin Penghasil Listrik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Sekelompok mahasiswa UGM merancang gagasan pengembangan ubin yang mampu menghasilkan aliran listrik. Ide tersebu berhasil menghantarkan mereka meraih juara 2 dalam lomba Eco Business Plan ENVIRONATION 2021 ITS belum lama ini.

“Kami mengajukan rancangan bisnis berupa inovasi ubin penghasil listrik dari hentakan kaki manusia,” tutur Ketua tim UGM, Bahana Aslamabel, Selasa (30/11/2021).

Ia bersama dengan timnya dari Fakultas Teknik UGM yakni Muhammad Amarutsli (Teknik Mesin’18) dan Ferraldy Kurnia Rizqi (Teknik Mesin’18) berhasil meraih Juara 2 Lomba Business Plan ‘Environation’ setelah menyisihkan 27 tim lain dari berbagai berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Bahana menjelaskan dalam lomba tersebut timnya mengusung konsep pengembangan produk yang dinamai Floor Electric Generator (FELECTRIG). Floor Electric Generator merupakan inovasi pembangkit listrik alternatif yang menggunakan piezoelektrik dan memanfaatkan langkah kaki manusia.

Baca Juga :  Membanggakan, Empat Siswa SMP Negeri 1 Denpasar Boyong Medali Emas Pada Kompetisi Thailand's Investor Day di Bangkok

“FELECTRIG berupa ubin yang diletakkan pada lantai di berbagai tempat publik seperti tempat wisata, mall, bandara, dan tempat ramai pengunjung lainnya sehingga dapat mengkonversi langkah kaki orang yang melewati lantai tersebut menjadi listrik yang digunakan untuk alat elektronik seperti lampu,” paparnya.

Bahana mengatakan kedepan mereka akan terus melakukan pengembangan produk. Dengan begitu nantinya produk dapat digunakan dan bermanfaat, khususnya dalam menghadirkan alternatif memberikan pasokan listrik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News