Disabilitas
Kemensos RI Salurkan Bantuan Usaha Bagi Puluhan Penyandang Disabilitas di Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Puluhan penyangdang disabilitas rungu wicara di Kabupaten Bangli, menerima bantuan usaha dari Kementerian Sosial (Kemensos RI). Bertempat di Balai Banjar Adat Kawan, Bangli, pada Jumat (26/11/2021) pagi, penyerahan bantuan tersebut diberikan langsung oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kemensos RI melalui Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, yang pada kesempatan tersebut turut hadir pula Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Bangli, I Wayan Karmawan, Penyuluh Sosial Efata Kupang, Zem Kase, serta masyarakat penerima bantuan.

Dalam laporannya, Kadis Sosial Bangli, I Wayan Karmawan menjelaskan, bantuan tersebut ditujukan kepada warga Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas sensorik Rungu Wicara ‘EFATA’ Kupang, untuk mendukung segala bentuk kegiatan usaha warga, diantaranya bantuan usaha ternak babi, usaha salon kecantikan, usaha kios, usaha pertukangan, usaha perbengkelan dan pemenuhan hidup layak, yang diberikan kepada 55 orang penyandang disabilitas rungu wicara yang memiliki usaha dibidangnya.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

“Dengan disalurkannya bantuan ini mudah mudahan bisa dipergunakan dengan baik untuk menunjang usaha di masing-masing bidang meski dengan terbatasnya bantuan yang diterima,” terangnya.

Menyambut baik hal tersebut, Penyuluh Sosial EFATA Kupang, Zem Kase mengatakan, sesuai pemetaan pada bulan Agustus 2021 terdapat 55 orang warga penyandang disabilitas rungu wicara di 4 Kecamatan di Kabupaten Bangli, hari ini siap menerima bantuan sosial dari Kemensos RI, yang kali ini, bantuan tersebut diserahkan oleh UPT Kementerian Sosial kepada Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Ikatan Kupang.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penyandang disabilitas sensorik rungu wicara serta bisa berusaha dan menambah kepercayaan dirinya,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli, Wayan Diar juga turtu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kemensos RI melalui UPT Kementerian Sosial, Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara ikatan Kupang, serta kepada Dinas Sosial Kabupaten Bangli atas kerjasama yang sudah dilakukan dengan baik sehingga masyarakat di Kabupaten Bangli bisa mendapat bantuan usaha tersebut.

“Kepada warga penyandang disabilitas agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Semoga bantuan usaha ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Astungkara, Pemerintah Kabupaten Bangli selalu bisa bersinergi untuk membantu masyarakat Bangli dalam mewujudkan Bangli Era Baru,” tambahnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News