RSU Bangli
Gubernur Koster Letakan Batu Peratama, Proyek Pembangunan RSU Bangli Resmi Berjalan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Peletakan Batu Pertama proyek pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli, dilakukan langsung oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang juga didampingi langsung oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, serta para Anggota DPRD Bangli, pada Jumat (5/11/2021).

Dalam kesempatannya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan gedung RSU Bangli, merupakan terobosan atau langkah strategis untuk mewujudkan Visi Nagun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli khususnya di Bidang Kesehatan selain pembangunan strategis lainnya. Bupati Sedana Arta juga menjelaskan, pemilihan Sugian Bali sebagai hari peletakan batu pertama merupakan petunjuk dari Ida nak lingsir, karena jika hari ini (Sugian Bali) tidak diambil, kemungkinan harus menunggu dua sampai tiga bulan lagi untuk mendapatkan hari baik.

“Memang benar hari ini (Sugian Bali) dipilih berdasarkan petunjuk dari Ida nak lingsir. Dan tidak ada hubunganya dengan proses tender yang masih berproses. Ini murni acara internal untuk kebaikan secara niskala,” ungkapnya.

Bupati asal Desa Sulahan, tersebut juga kembali menjelaskan bahwa saat ini pembangunan gedung RSU Bangli sedang dalam proses tender di unit pengadaan barang/jasa Lemerintah Kabupaten Bangli. Dia juha berharap, pada tahapan berikutnya semua dapat berjalan sesuai dengan rencana, yang pada akhirnya nanti gedung 1A dan 1B RSU Bangli benar-benar terwujud sesuai dengan harapan kita semua.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Muspayang Bhakti Tawur Labuh Gentuh Sasih Kesanga di Catus Pata Bangli

“Perlu diketahui bahwa pembangunan gedung 1A dan 1B ini bersumber dari dana pinjaman PT. SMI dengan nilai sebesar 75 Miliar. Berdasarkan besaran dana pinjaman dan DED, masing-masing gedung memiliki 4 lantai. Adapun peruntukan masing-masing gedung yakni, gedung 1A empat lantai untuk pelayanan laboratorium dan radiologi, IGD, Bank Darah dan Farmasi, Ruang persalinan (VK), Perinatologi, dan NICU, ICU, ICCU, dan Fisiotherapy. Sedangkan gedung 1B untuk pelayanan poliklinik, rekan medik, dan farmasi Poliklinik dan Hemodialisa, CSSD dan Penunjang Kamar Operasi dan Ruang Operasi (OK),” jelasnya.

Dengan diadakannya upacara peletakan batu pertama oleh Gubernur Bali, menjadi harapan bahwa gedung RSU Bangli ke depannya bisa menjadi fasilitas kesehatan kebanggaan masyarakat Bangli, dengan fasilitas, kualitas, dan pelayanan secara bersama yang memberikan pemgaruh terhadap kepuasan pengguna jasa di sektor kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan GTA dan DEA di Kabupaten Bangli

“Dengan dibangunnya gedung 1A dan 1B RSU Bangli ini diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan dan sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bangli pada khusunya dan masyarakat Bali pada umumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Bangli dalam hal harus aktif dalam hal menata kota, yang diawali dari penataan lapangan, Kantor DPRD, Gedung BMB dan hari ini kembali Pemkab Bangli melaksanakan pembangunan RSU Bangli.

Apresiasi saya berikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bangli, yang baru 8 bulan dilantik sudah bisa membanggakan masyarakat bangli melalui pembangunan yang sangat cepat. Dengan dibangunnya RSU Bangli yang nantinya akan bisa meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan. Mudah-mudahan masyarakat Bangli bisa mempercayakan penanganan kesehatan di RSU Bangli,” tegasnya.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra : Perhutanan Sosial Konsep yang Bagus, Menjaga Kelestarian Hutan Sekaligus Sejahterakan Masyarakat

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Bali sangat mendukung penuh program-program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli, dengan menerapkan pembangunan yang sesuai dengan alam dan lingkungannya. Selain itu, Gubernur Koster juga menyampaikan, untuk mendukung pembangunan RSU ini Pemerintah Provinsi Bali sudah menghibahkan tanah provinsi yang ada diKabupaten Bangli sebanyak 83 Are yang terletak di Belakang RSJ Provinsi Bali yang nantinya tanah tersebut akan digunakan untuk memperluas kawasan RSU Bangli untuk nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat Bangli, khususnya di Bidang Kesehatan. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News