Sains Nasional
Dua Siswa SMP di Klungkung Raih Medali Dalam Kompetisi Sains Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Dua siswa SMP asal Klungkung, yakni Putu Wahyu Pradinata dan Putu Dika Mahendra saat mewakili Bali dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 yang digelar secara virtual.

Kedua prestasi yang diraih tersebut yakni di bidang IPS. Masing-masing Putu Wahyu Pradinata yang merupakan siswa SMPN 2 Semarapura berhasil meraih medali emas. Sementara Putu Dika Mahendra yang merupakan siswa SMPN 1 Banjarangkan meraih medali perunggu. Kedua siswa tersebut menemui Bupati Suwirta di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Senin (15/11/2021).

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

Bupati Suwirta mengapresiasi atas torehan preatasi yang diraih hingga ketingkat nasional. Bupati Suwirta juga berharap prestasi ini dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya, agar tetap bisa menorehkan prestasi meski di tengah keterbatasan karena Covid-19.

“Tetap belajar dan jangan berpuas diri dan turunkan harga diri,” pesan Bupati Suwirta.

Kadis Pendidikan Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana memgatakan, ada 6 siswa di Klungkung mewakili Bali dalam KSN 2021. Diantaranya 4 siswa tingkat SMP dan 2 siswa tingkat SD. Khusus untuk tingkat SMP, ada dua siswa yang mengikuti kompetisi bidang matematika. Sementara dua siswa lainnya mengikuti kompetisi bidang IPS.

“Meski banyaknya keterbatasan selama pandemi Covid-19 karena harus belajar secara daring mereka tetap mampu menorehkan prestasi. Saya sangat bangga dengan siswa-siswa yang mewakili Klungkung di tingkat nasional,” ujar Sujana.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Dirinya juga mengapresiasi kinerja para pembina, dalam hal ini kasek dan para guru, juga siswa serta para orang tua siswa dalam mewujudkan prestasi anak dan sekolah. Ini menandakan ekosistem di sekolah sudah berjalan dengan baik, walau dalam beberapa tahun ini siswa lebih banyak belajar daring.

Sementara itu, dihadapan Bupati Suwirta, Putu Wahyu Pradinata mengatakan tahun lalu dirinya pernah mengikuti lomba dan gagal karena gugup dengan keterbatasan waktu. Ditahun ini dirinya kembali mengikuti kompetisi ini.

“Dengan pengalaman tahun lalu, sekarang saya dengan rilek menjawab soal,” ujar siswa SMPN 2 Semarapura.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News