Rumah BUMN PLN
Staf Khusus Kementerian BUMN Lakukan Kunjungan ke Rumah BUMN PLN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) UID Bali menerima kunjungan Staff Khusus III Menteri BUMN bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga.di Rumah Kreatif BUMN Denpasar, Jalan Raya Sesetan. Rumah kreatif yang dikelola oleh PLN sejak tahun 2017 lalu ini membina tidak kurang dari 700 lebih UMKM.

Dalam kunjungannya tersebut, Arya beserta rombongan berdiskusi dengan pengurus Rumah Kreatif BUMN serta dengan berbagai perwakilan BUMN lain seperti Pelindo, Telkom, ITDC, BRI dan PNM.

“Kami berharap Rumah BUMN dapat dijadikan tempat untuk berkolaborasi antar BUMN setempat, sehingga antar BUMN bisa saling bersimbiosis mutualisme dan juga mampu menerima manfaat dari UMKM ini untuk perkembangan bisnis BUMN itu sendiri,” jelas Arya, Rabu (20/10/2021).

Dirinya juga menegaskan kolaborasi ini kedepannya dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan sesuai kebutuhan dari UMKM dan BUMN, sehingga baik UMKM maupun BUMN pembina dapat lebih cepat berkembang dan bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

“Perlu diformulasikan lebih jauh, kolaborasi yang tepat yang mampu mengakomodir kebutuhan dari masing – masing baik UMKM maupun BUMN pengelola, yang tentunya akan melihat tren dan perkembangan bisnis ekonomi yang ada saat ini,” ungkapnya.

Pada pemaparan yang dilakukan pengelola Rumah Bumn, Ngurah Satria Dalem Mandala, dijelaskan bahwa saat ini Rumah BUMN binaan PLN  telah memiliki lebih dari 230 UMKM binaan di bidang pangan, 125 UMKM terdaftar di bidang fashion, dan 75 UMKM yang focus pada usaha crafting.

Baca Juga :  PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idul Fitri 2024 di Bali

“Terdapat 712 UMKM yang sudah go modern yakni yang terdaftar di website Rumah BUMN, dan 58 diantaranya telah mampu go digital yakni menggunakan medium Social Media untuk memasarkan produknya, serta 21 diantaranya juga telah go online yakni listing di marketplace,” jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa kegiatan Rumah BUMN setiap bulannya juga diikuti secara antusias oleh para anggota khususnya untuk pelatihan berupa pemasaran Online, keuangan, management. Tidak hanya terpaku pada pemateri, namun para anggota juga saling berbagi pengetahuan dari yang telah berpengalaman dan lebih mumpuni di bidangnya kepada UMKM lainnya.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

“Walaupun kondisi saat ini tidak memungkinkan kami melaksanakan pelatihan secara tatp muka, namun pelatihan secara online juga tidak mengurangi makna pertemuan, malah justru peminatnya makin bertambah tak terbatas wilayah,” tutur Ngurah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News