PKK Denpasar
Sagung Antari Jaya Negara Kembali Serahkan Bantuan PMT Kepada Ibu Hamil, Balita dan Lansia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara kembali menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil, balita dan lansia kepada seluruh Posyandu Kelurahan yang ada di Kecamatan Denpasar Selatan. Penyerahan ini berlangsung di Banjar Kaja Kelurahan Panjar Jumat (22/10/2021).

Dalam penyerahan tersebut hadir juga Istri Wakil Walikota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana dan Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), I Nyoman Lodera. Usai penyerahan bantuan PMT dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan Posyandu yang ada di Banjar Kaja Kelurahan Panjer.

Baca Juga :  Salah Gunakan Masker, Tim Yustisi Denpasar Kembali Bina 6 Pelanggar Prokes

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, bantuan PMT ini diberikan dalam upaya menekan angka stunting di Kota Denpasar. Pelaksanaan PMT diberikan kepada Posyandu Kelurahan di Kota Denpasar atas dukungan Pemerintah Provinsi Bali.

Lebih lanjut dikatakan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 bantuan PMT dilakukan dengan prokes yang ketat dan bantuan ini akan terus dioptimalkan jika situasi sudah normal, dan pihaknya akan berupaya memberikan bantuan semaksimal mungkin.

Penyerahan bantuan berupa susu dan sayuran  untuk ibu hamil, balita dan lansia  diharapkan dapat memberikan asupan gizi yang seimbang dan meminimalkan terjadinya stunting.

Pada masa pandemi seperti ini Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, ibu hamil termasuk warga yang rentan terdampak Covid-19. Kalau tidak diberikan makanan tambahan bagi ibu hamil, bayi berisiko stunting, sehingga asupan makanan bergizi pada ibu semasa hamil bisa mencegah terjadinya stunting.

Baca Juga :  Dukung Peningkatan Hasil Pertanian, Pemprov Bali Serahkan Bantuan Alat dan Mesin Pra Panen

Sagung Antari Jaya Negara mengharapkan kepada para lansia, balita dan ibu hamil serta seluruh masyarakat agar selalu disiplin menerapkan prokes walaupun telah menerima vaksinasi Covid-19, disiplin prokes mesti terus diterapkan.

“Kita tidak mengetahui kapan situasi pandemi ini berakhir. Langkah prokes dan vaksinasi dapat mencegah penularan dan tetap sehat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), I Nyoman Lodera menyatakan, bantuan PMT ini diberikan kepada Posyandu Kelurahan se Kota Denpasar menggunakan dana BKK (bantuan keuangan khusus) PKK Provinsi Bali  dalam upaya menekan terjadinya stunting.

Baca Juga :  Sebanyak 25 Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Sembuh, Kasus Aktif Masih 0,49 Persen

Menurutnya penyerahan bantuan PMT bermanfaat bagi balita dan lansia dalam menjaga gizi seimbang dan kesehatan. Mengingat posyandu merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan yang mewadahi pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar.

Salah satu kegiatan sosial dasar di posyandu, yakni kegiatan kesehatan utamanya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi dan pendidikan pola hidup sehat. Dengan pemberian bantuan PMT ini dapat mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here