Robot
Ratusan Tim Robot Siap Berlaga di Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Gelaran Kontes Robot Indonesia 2021 resmi dibuka Kamis (14/10/2021) di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (GSP UGM). Sebanyak 136 tim robot dari 59 perguruan tinggi akan segera berlaga mulai 15-16 Oktober 2021 memperebutkan gelar juara nasional KRI 2021.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemendibudristek), Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si., dalam sambutannya secara daring menyampaikan KRI merupakan salah satu ajang prestasi diantara 18 ajang prestasi Dirjen Dikti yang diselenggarakan Puspresnas. Hanya saja sejak pandemi, seluruh kegiatan kontes maupun fesitval diadakan secara daring.

Baca Juga :  Dibekali Segudang Fitur Kelas Flagship, POCO M6 Pro Maksimal Banget Buat Nge-game Layaknya Pro Player

Ia mengatakan KRI dilaksanakan secara bertahap mulai ditingkat wilayah yaitu wilayah I dan wilayah II yang telah berlangsung pada 22 September hingga 1 Oktober 2021. Lalu tim terbaik di tiap divisi dari tingkat wilayah diundang untuk kembali bersaing dalam laga final di KRI Nasional 2021.

Sekjen Kemendikbudristek, Ir. Suharti, M.A., Ph.D., yang juga hadir secara daring menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh finalis KRI 2021. Para finalis ini merupakan tim-tim terbaik yang telah bertanding di tingkat wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan itu ia turut menyampaikan terkait kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan mendorong mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja. Namun menjadi individu kreatif, inovatif, berdaya saing, dan mampu bekerjasama serta berkarakter kuat.

“Selamat berlomba dan bisa menampilkan karya terbaik,” ucapnya.

Baca Juga :  Raih Podium Tertinggi, Pebalap Astra Honda Lanjutkan Kejayaan di Asia Talent Cup Qatar

Sementara Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., mengatakan bahwa pada bulan Septermber 2021 lalu telah berlangsung seleksi KRI tingkat wilayah. Saat ini terdapat 136 tim yang lolos ke tahap nasional. Sebanya 136 tim tersebut terdiri dari 30 tim KRSBI Humanoid, 22 tim KRSBI beroda, 18 tim KRSTI, 42 tim KRSRI, dan 24 tim KRTMI.

Djagal menyampaikan kebanggan bagi UGM yang telah dipercaya menjadi tuan tumah KRI pada tahun ini. Sejak seleksi tahap wilayah hingga nasional, pihaknya merasa berbagngga melihat usaha dan kerja keras para mahasiswa dalam memajukan IPTEK khususnya dalam bidang robotika.

Baca Juga :  YOU Beauty Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2023, Komitmen Terus Berinovasi di Setiap Produknya

KRI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Dalam penyelenggaraan kali ini UGM dipercaya menjadi tuan rumah KRI tingkat wilayah dan nasional. Karena dilaksanakan di tengah pandemi, kompetisi diadakan secara daring oleh tim peserta di kampus masing-masing dan luring oleh juri dan panitia di GSP UGM.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News