Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia 2021
Perwakilan Bali Raih Gelar Puteri Pendidikan Nusantara 2021 pada Ajang Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia 2021. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ni Putu Ayu Pirdayanti, S.Pd., yang menjadi perwakilan Provinsi Bali pada ajang Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia 2021 berhasil meraih Juara II sekaligus mendapatkan gelar Puteri Pendidikan Nusantara 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh provinsi di Indonesia. Ni Putu Ayu Pirdayanti atau kerap disapa Ayu Pirda dipasangkan dengan Sakti Pangestu Satori dari Provinsi Jawa Barat pada TOP 2.

Tahapan kegiatan diselenggarakan dengan dua metode, yakni secara daring dan luring. Kegiatan daring menggunakan aplikasi Zoom yang berlangsung sejak tanggal 13-20 Agustus 2021 dengan agenda kegiatan Karantina Online. Sedangkan secara luring berlangsung di Banana Inn Hotel & SPA, Jalan Dr. Setiabudhi 191, Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat pada tanggal 5-7 Oktober 2021.

Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia yang melibatkan pakar pendidikan sebagai dewan Pembina, dewan penasihat sekaligus juri utama. Mereka adalah Djulaiha Sukmana, S.Sos selaku Dewan Pembina Putera-Puteri Pendidikan Indonesia, Prof. Roy Darmawan selaku Advisor for Dean of College of ASEAN Studies Guangxi University for Nationalities, dan Prof. Dr. Chandra Wijaya selaku Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. Selain itu, pada pemilihan tahun ini beberapa praktisi yang profesional dibidangnya juga dilibatkan.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Telah Salurkan 7.376 Paket Sembako Bagi Masyarakat yang Masih Jalani Isoman

Ada banyak sekali rangkaian kegiatan yang dilalui ketika karantina daring dan luring diantaranya Forum Diskusi Pendidikan, Uji Kompetensi, Unjuk bakat, Gala Dinner, Deep Interview, National Costume  Competition, Preliminary Competition, Table Manner, dan Grand Final.

Semua kegiatan tersebut berhasil dilewati dengan baik dan dapat dikatakan meraih hasil yang maksimal. Ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan ‘Best Finalis’ oleh Ayu Pirda ketika karantina online.

Sebagai mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan yang kini melanjutkan pendidikannya di Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Ayu Pirda membawa advokasi pengembangan media pembelajaran untuk anak disabilitas. Dalam merealisasikannya, ia dibantu oleh mahasiswa dan juga dosen-dosen di Universitas Pendidikan Ganesha.

Ayu Pirda mengatakan dirinya sangat senang sekaligus bangga bisa membawa nama baik Bali di kancah nasional karena sebelum-sebelumnya penghargaan Top 3 ataupun Top 2 belum pernah diraih Bali pada ajang Putera-Puteri Pendidikan Indonesia.

“Apalagi bisa mengenal pakar-pakar pendidikan dan teman-teman dari seluruh Indonesia dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda seperti dokter, bidang hukum, komunikasi, dan lainnya merupakan suatu kesempatan yang luar biasa,” imbuhnya.

Hasil yang diraih ini pun membuat Ayu Pirda mengajak kita, terutama generasi muda sebagai penerus bangsa agar percaya pada kemampuan yang dimiliki, berdoa dan selalu berusaha semaksimal mungkin sehingga bisa merealisasikan ide-ide, berkarya, dan berbagi untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Tentu, kegiatan ini berjalan lancar berkat doa dan dukungan dari keluarga, sahabat, teman, dan masyarakat Bali.

Baca Juga :  Banjar Mandala Sari Denpasar Sabet Dua Penghargaan Nasional

Dalam kegiatan ini, Perwakilan Bali di dukung oleh Universitas Pendidikan Ganesha dan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Anggota DPR RI Dapil Bali, I Nyoman Parta, S.H. Serta disponsori oleh beberapa sponsor yakni Kemara Boutique, Peggy Salon, Lahery Makeup Wedding, Gayatrimas Mode, IvoNDa Label, Diana nailsglam, Amora Rental Fashion, dan Viyo Shoes.

Kegiatan tidak berakhir sampai disini saja, seluruh juara dan finalis akan menjalankan advokasi pendidikan yang sudah diprogramkan. Pada akhir November nanti, seluruh juara dan finalis akan berkumpul kembali untuk melaksanakan Pelantikan dan Inagurasi yang bertempat di Jakarta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini