Gempa Bumi
Peduli Sesama, Komunitas Hai Bali Chapter Gerak Cepat Salurkan Bantuan Bencana Gempa Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sebagai bentuk kepedulian kepada korban gempa wilayah Karangasem dan Bangli yang terjadi pada dini hari 16 Oktober 2021 lalu, Komunitas Hai Bali Chapter dengan Gerakan cepat mencari informasi mengenai kondisi wilayah yang tertempa dan bantuan yang dibutuhkan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, maka dengan Gerakan saling membantu seluruh member dari Hai Bali Chapter, menggalang dana untuk membantu para korban yang membutuhkan uluran tangan.

Sebanyak 50 paket sembako terdiri dari, beras, mie instan, gula  serta selimut , ada juga pakaian  dan menyusul 10,000 liter air yang berhasil disumbangkan yang secara langsung di terima oleh kepala Desa Ban, Gede Tamu Sugiantara.

Dalam sambutan yang sangat hangat, Gede Tamu Sugiantara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para anggota komunitas yang sangat peduli dan dengan gerakan cepatnya mengulurkan bantuan.

Baca Juga :  Baru Diluncurkan, Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika

“Bantuan ini sangat kami butuhkan, dana akan kami salurkan kepada warga kami yang terdampak, terima kasih atas perhatiannya dan semoga bantuan ini meringankan mereka dan trauma gempa segera hilang,” ungkap Gede Tamu Sugiantara.

Sebelum menuju ke Desa Ban, seluruh anggota yang bergabung melakukan touring menuju Kawasan wisata yang saat ini masih terlihat sepi diantaranya Payangan, Ubud, Kintamani dan menuju ke Desa Trunyan sebagai titik kumpul pertama untuk mengunjungi warga yang juga terdampak dari guncangan gempa.

Baca Juga :  Antisipasi Bencana, PLN UID Bali Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Ketua Hai Bali Cahpter, Renja Sukmana Putra mengatakan hati nurani kami tergerak untuk segera membantu para korban membuat kami beserta anggota yang lain dengan cepat mendapatkan informasi mengenai apasaja yang dibutuhkan korban.

Untuk menjangkau lokasi memang sulit dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan syukurnya dengan tunggangan Honda ADV, Komunitas Hai Bali Chapter mampu manjangkau lokasi korban dan dapat menyaksikan para korban yang masih trauma.

“Semoga bantuan dari kami ini dapat membantu mereka dan harapan kami, warga bisa kembali beraktivitas untuk keberlangsungan hidup mereka,” ungkap Renja

Baca Juga :  Kodim Tabanan Bantu Warga yang Tertutup Akses Jalannya Pasca Tanah Longsor

Guncangan gempa wilayah Karangasem mengakibatkan beberapa bangunan rusak dan beberapa warga lainnya yang mengalami luka-luka akibat reruntuhan bangunan serta jatuhnya korban jiwa.

Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom), Paska gempa bumi M4,8 yang terjadi Sabtu (16/10/2021) lalu, di luar dugaan dampak yang ditimbulkan sangat signifikan terhadap bangunan dan infrastruktur di wilayah Kabupatan Karangasem dan Bangli. Saat ini status tanggap darurat untuk Kabupaten Karangasem diperpanjang hingga tanggal 30 Oktober 2021, sedangkan untuk Kabupaten Bangli berlaku hingga tanggal 27 Oktober 2021.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini