Pelaut
Organisasi Forum Pelaut Bali Jawab Masalah Pelaut Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pandemi Covid-19 telah berdampak buruk terhadap sektor pariwisita di Indonesia, khususnya di Bali. Banyak karyawan yang bekerja di bidang pariwisata harus di rumahkan atau bahkan di PHK, tak terkecuali para pelaut.

Banyak permasalahan yang harus dihadapi oleh para pelaut, khususnya pelaut Bali. Kebutuhan akan vaksin booster bagi para pelaut menjadi perhatian khusus saat ini,terutama para pelaut yang akan join ke Eropa.

Bagaimana tidak, untuk dapat join keberangkatan bekerja di luar negeri, para pelaut diwajibkan untuk mendapatkan vaksin booster. Menanggapi masalah tersebut, Dewa Gede Indra Yuda, selaku Ketua Umum Organisasi Forum Pelaut Bali mengatakan, Organisasi Forum Pelaut Bali yang secara de fakto di deklarasikan pada tanggal 28 Oktober 2021 ini bergerak menjawab dan melakukan negosiasi ke pusat agar permasalahan ini segera dapat di selesaikan.

“Pembentukan organisasi ini mendapat dukungan dan nasehat dari para senior dari para pengusaha yang bergerak di bidang agency kapal pesiar serta para pembina yang ahli di bidang kepengurusan surat-surat dan crew Manning team,” terang Dewa Gede Indra Yuda, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan Tata Kelola Keuangan yang Tertib, Transparan dan Akuntabel

Dalam struktur organisasinya, Dewa Gede Indra Yuda ditunjuk sebagai ketua umum, Chef Mahesa sebagai ketua harian, Juli Astina sebagai Sekretaris Jenderal dan diikuti oleh jabatan ketua bagian seperti humas, hukum dan pengembangan. Sementara Visi dan misi yang telah dijabarkan saat deklarasi adalah organisasi Forum Pelaut Bali merupakan organisasi non profit oriented atau NPO. Ini berarti Forum Pelaut Bali murni membantu para anggotanya yang saat ini telah mencapai hampir 4.000 anggota.

Kedepan para anggota tersebut diyakini akan bertambah terus dan mampu secara maximal menyuarakan hak hak mereka melalui wadah FPB ini,mengingat jumlah pelaut dan calon pelaut di bali yang sangat besar.

Dewa Gede Indra Yuda menekankan, pelaut merupakan penyumbang devisa yang potensial bagi negara, khususnya provinsi Bali. Keberadaan organisasi ini diharapkan menjadi jembatan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang kemudian muncul ke depan bagi para pelaut Bali, semisalnya saat ini masalah vaksin booster bagi para pelaut Bali. Tujuannya jelas agar para pelaut Bali bisa kembali berlayar di Eropa maupun ke negara lain.

Dewa Gede Indra Yuda menambahkan, saat ini pihaknya masih berjuang agar para pelaut Bali bisa dibantu oleh pemerintah di pusat maupun di provinsi untuk mendapatkan vaksin booster secara gratis.

“Kedepannya Forum Pelaut Bali juga diharapkan bisa membentuk usaha bersama atau gerakan-gerakan sosial kemanusiaan demi kesejahteraan bersama,” pungkasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Juli Astina selaku sekjen Organisasi Forum Pelaut Bali. Ia menekankan permasalahan vaksin booster moderna untuk para pelaut sudah mendapat jawaban penuh dari pusat.

“Ditegaskan juga jika Forum Pelaut Bali berkomitmen untuk terus memperjuangkan hak-hak para pelaut,” kata Juli Astina.

Baca Juga :  Antisipasi Pintu Masuk Pelabuhan Benoa Pasca Lebaran, Disdukcapil Denpasar Siap Gelar Penertiban Administrasi Kependudukan

Ketua Harian Organisasi Forum Pelaut Bali, Chef Mahesa mengatakan, pihak Organisasi Forum Pelaut Bali pertama-tama akan mengumpulkan data para pelaut. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara pasti jumlah pelaut yang membutuhkan bantuan vaksin booster.

“Selain itu pendataan juga bertujuan untuk menampung masalah yang dihadapi pelaut, sehingga pihak Forum Pelaut Bali bisa segera menanggulanginya dan bahkan memberikan bantuan hukum,” terang cheft mahesa.

Sementara itu terbentuknya Forum Pelaut Bali ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk membangun persaudaraan pelaut Bali. Organisasi ini juga memiliki misi untuk terus memperjuangkan kesejahteraan dan martabat pelaut Bali. Misi lainnya yang disampaikan adalah menempatkan Organisasi Forum Pelaut Bali sejajar dengan organisasi serikat pelaut dan serikat pekerja lainnya, terutama dalam menjalankan hak dan kewajiban organisasi sebagai Non Government Organization atau NGO. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News