KMHDI
KMHDI Badung Siap Jadi Rumah Moderasi Beragama. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Ketua PC KMHDI Badung, Ni Luh Putu Indah Wahyuni menyatakan siap mengkawal keberagaman beragama di Badung.

Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Badung melaksanakan giat diskusi Pendalaman Konsep Moderasi Beragama secara daring, Kamis (30/9/2021) malam lalu.

“Kami PC KMHDI Badung siap untuk nantinya menjadi rumah moderasi beragama bagi organisasi organisasi lintas agama di kabupaten Badung,” tegasnya.

Ketua Bidang Litbang PC KMHDI Badung, Aryananda menjelaskan pentingnya menggaungkan moderasi beragama di kalangan lintas organisasi beragama dan kepemudaan.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan Personil, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Laksanakan Latihan Modular Exercise

“Pentingnya menggaungkan budaya beragama yang moderat merupakan satu langkah kongkret untuk menangkal radikalisme dan ekstrimisme beragama,” tegasnya.

Aryananda juga menyebut literasi agama dan moderasi beragama merupakan penopang utama dalam mempertahankan kebinekaan.

“Kemarin PP KMHDI juga sudah audiensi ke Ditjen Bimas Hindu RI dan menyepakati KMHDI sebagai ujung tombak literasi Hindu dan moderasi bergaama,” jelasnya.

Saat sampaikan sambutan diskusi Kepala Kemenag Badung yang diwakili Seksi Urusan Agama Hindu, I Made Kartiada menyampaikan apresiasi. Ia menyebut kegiatan itu sejalan dengan program Kemenag ke depan.

Baca Juga :  Selamatkan 10.000 Generasi Muda dari Ancaman Narkoba, BNNP Bali Musnahkan Barang Bukti Senilai Miliaran Rupiah

“Ini merupakan fokus program kami di Kemenag pada tahun 2022, sehingga harapannya PC KMHDI Badung tidak berhenti untuk melaksanakan diskusi-diskusi tentang moderasi beragama,” katanya.

Diskusi ini juga dihadiri KNPI Badung, PERADAH Badung, Prajaniti Jabar, FPMHD UNUD, KMHD Poltekpar, KMHD Undhira, PC KMHDI Makasar, dengan total peserta 40 orang.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here