Pameran Bonsai
Buka Pameran Bonsai, Bupati Tamba: Jika Ditekuni, Potensi Ekonomi Menjanjikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba membuka secara resmi Pameran Bonsai Desa Nusasari, bertempat di Lapangan Nusasakti Desa Nusasari Kecamatan Melaya, Rabu (20/10/2021) sore. Pameran bonsai dalam rangka memperingati HUT Desa Nusasari itu dibuka Bupati Tamba yang ditandai dengan penancapan bendera bonsai favorit.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai membuka acara mengatakan, sangat mendukung adanya kegiatan pameran bonsai. Menurutnya kegiatan itu sangat bernilai tinggi, mengingat daya tarik terhadap bonsai saat ini sangat tinggi.

Selain itu jika ditekuni dengan baik, akan menambah potensi ekonomi yang menjanjikan. “Kami selaku pemerintah daerah tentu sangat mendukung pameran bonsai ini. Pameran bonsai ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang. Bagi pecinta bonsai, ini juga merupakan aktivitas penuh estetika dan cita rasa seni yang jika ditekuni bonsai itu akan bernilai ekonomi terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang,” ujar Tamba.

Sementara Perbekel Nusasari, I Wayan Ardana menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati untuk membuka pameran bonsai. Ia juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pameran bonsai itu ke depannya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Lepasliarkan Belasan Penyu Hijau Hasil Tangkapan Penyelundupan

“Pameran bonsai perdana ini sengaja kita gelar dalam memeriahkan HUT Desa Nusasari serta untuk membentuk ikatan antar pecinta bonsai. Setelah pameran ini, kedepan akan terus rutin kita laksanakan setiap tahunnya dengan skala yang lebih besar. Jika sekarang kita laksanakan pameran dengan peserta se-Jembrana, tahun depan kita akan buat kontes bonsai dengan peserta yang kita undang juga dari luar Jembrana. Tentu dengan support dari pemerintah daerah,” ucapnya.

Terkait kegiatan pameran bonsai, I Ketut Wirya selaku panitia menjelaskan, pameran bonsai diawali dengan penerimaan bonsai pada 18-19 Oktober, yang selanjutnya dibuka hari ini. Sementara pameran umum berlangsung selama dua hari (21-22 Oktober), pengumuman doorprize 23 oktober dan ditutup dengan pada 24 oktober dengan pengambilan pohon kembali oleh peserta.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

“Pameran terbuka untuk umum. Diikuti sebanyak 120 peserta dari berbagai wilayah di Jembrana,” ucapnya.

Sementara saat ditanya mengenai nilai bonsai yang dipamerkan, Wirya mengatakan pohon bonsai yang sedang dipamerkan ditafsir memiliki nilai terendah Rp3 juta hingga tertinggi Rp50 juta.

“Tadi sempat ada pengunjung yang menawar satu pohon bonsai jenis kimeng dengan harga 50juta namun tidak dilepas oleh pemilik. Memang sudah berprestasi best Ten (terbaik 10) saat pamnas (pameran nasional) Tabanan dan PAM nas Gianyar 3 tahun lalu,” tandasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News