Pompa Air
Program Pompa Hidram Kodam Udayana untuk Ketersediaan Air Bersih dan Sektor Pertanian. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Program pembangunan pompa hidram Kodam IX/Udayana terus berjalan untuk membantu pemenuhan masyarakat akan kebutuhan air bersih.

Seperti pembangunan pompa hidram di Banjar Seresada, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, mendapatkan peninjauan langsung dari Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kamis (2/9/2021).

Dalam kunjungannya kali ini, Pangdam IX/Udayana didampingi oleh Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., serta rombongan dari Kodam IX/Udayana dan pihak desa setempat.

“Dengan dibangunnya pompa hidram ini, kami harapkan kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi. Khususnya untuk sektoral pertanian, kita lihat di Desa Tampaksiring ini posisi sawah berada di atas sumber mata air. Jadi, dengan dibangunnya pompa hidram ini dapat mengatasi masalah air bersih dan pengairan sawah ini,” ujar Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., di lokasi.

Baca Juga :  Warga Desa Pengotan Antusias Sambut Kedatangan Letjen Benny Memantau Pelaksanaan TMMD di Bangli

Khususnya di Bali, sudah dibangun beberapa titik pompa hidram secara bertahap. Khususnya di daerah-daerah atau wilayah yang cukup kesulitan dalam pengairan.

“Kita ajak masyarakat bekerja sama untuk membangun titik-titik pompa hidram ini guna mengatasi masalah terkait kebutuhan air bersih,” katanya.

Sedangkan Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., mengatakan bahwa di Kabupaten Gianyar sudah ada dua titik pembangunan pompa hidram.

“Di Gianyar sudah ada dua titik pembangunan pompa hidram, satu di Tampaksiring ini serta satu lagi di Tegallalang,” ucapnya.

Baca Juga :  Laris Manis, UMKM Gianyar Ikuti Pameran Kuliner Bali Bangkit III

Dalam pembangunan pompa hidram ini, diakui kesulitan yang dialami adalah medan yang cukup terjal serta jarak tempuh menuju sumber mata air cukup jauh, medan cukup terjal dan banyak ada tebing. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi rekan-rekan yang bekerja di lapangan,” ungkapnya

Kepala Desa Tampaksiring, I Made Widana, mengucapkan terima kasih kepada khususnya Kodam IX/Udayana serta Kodim 1616/Gianyar atas dibangunnya pompa hidram di wilayah Banjar Seresada, Desa Tampaksiring ini.

“Utamanya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodam IX/Udayana dalam hali ini Bapak Pangdam, kemudian kodim 1616/Gianyar serta pihak yang terlibat dalam pembangunan pipa hidram di wilayah kami ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Kesaktian Pancasila, Jadi Momentum Masyarakat Bali untuk Dapat Bangkit dari Pandemi

Dikatakan Widana, pembangunan pompa hidram di wilayah Desa Tampaksiring sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Khususnya para petani, dimana rata-rata sumber mata air berada di bawah persawahan.

“Jadi dengan dibangunkannya pompa hidram ini, air bisa kita naikkan dan mengairi area sawah petani yang berada di atas,” tandasnya. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here