Sampah
Bupati Giri Prasta saat mendampingi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan saat Peresmian TPST Samtaku dan penanganan sampah Sarbagita di Jimbaran Kuta Selatan, Jumat (10/9/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sambut kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajaran terkait Peresmian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sampah Tanggung Jawabku (Samtaku) dan penanganan sampah Sarbagita, bertempat di Jimbaran Kuta Selatan, Jumat (10/9/2021).

Dalam kesempatan ini Menteri Luhut didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menanda tangani prasasti sebagai tanda TPST Samtaku Jimbaran telah diresmikan.

Turut hadir Kadis DLHK Badung Wayan Puja, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Artha serta undangan lainnya.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Badung mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi beserta jajaran yang sudah berkenan meninjau secara langsung TPST Samtaku yang merupakan tempat pengolahan sampah terpadu dengan mengembangkan teknologi RDF.

Baca Juga :  Rektor Unud Terima Audiensi Jajaran AMSI Bali, Dukung Kolaborasi untuk Sebarkan Informasi Baik

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa TPST Samtaku Jimbaran merupakan salah satu implementasi dari program Pemda Badung yang mengembangkan konsep Badung mandiri sampah, yaitu sampah diolah dimulai dari sumber timbunan sampah berlanjut pada proses 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pemrosesan akhir pada TPST.

Dalam kesempatan tersebut Giri Prasta juga memaparkan program implementatif dari konsep Badung mandiri sampah yang telah diupayakan antara lain, yakni Merevitalisasi TPS 3R pada sejumlah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Badung dengan melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan untuk operasional pengolahan sampah, Membangun TPS 3R baru pada sejumlah desa lainnya yang belum memiliki TPS 3R, Mengembangkan TPST di Mengwitani dalam zona wilayah tengah dan kedepan mengembangkan zona wilayah utara.

Baca Juga :  Direktur Politeknik Negeri Bali Berharap AMSI Bali Bisa Menjadi “Corongnya” Informasi Benar

TPST Samtaku Jimbaran mampu berkontribusi dalam mengolah sampah sehingga tidak lagi dibuang tapi diolah untuk menghasilkan ekonomi sirkular serta menjadi role model yang dapat direplikasi di wilayah-wilayah di Provinsi Bali,” papar Giri Prasta.

Sementara itu Menko Luhut dalam sambutannya menyampaikan bahwa TPST yang dibangun berkat kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan pihak swasta, ini diharapkan menjadi solusi untuk mengentaskan permasalahan sampah. Melalui upaya pemilahan sampah organik dan non-organik diharapkan dapat mengurangi volume sampah masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan mengurangi risiko kebocoran sampah plastik ke lingkungan.

“Kita tidak bisa lagi mengandalkan TPA sebagai akhir dari penanganan sampah. Untuk itu, harus ada terobosan dalam pengelolaan sampah. Penerapan ekonomi sirkular dan pemanfaatan sampah menjadi sumber daya merupakan paradigma baru dalam pengelolaan sampah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Provinsi Bali Kembali Memperoleh Predikat Angka Prevalensi Stunting Terendah Se-Indonesia

Menteri Luhut menegaskan pemerintah sangat memperhatikan pengelolaan sampah khususnya sampah plastik. Karena itu, ia selalu menekankan untuk mengambil langkah-langkah yang tidak biasa, bukan business as usual, serta menerapkan pendekatan secara terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Penanganan sampah memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun kegagalan dalam melakukan pengelolaan sampah akan memberikan dampak yang lebih besar bagi lingkungan, pariwisata, kesehatan masyarakat, dan polusi. Pemerintah telah mengambil langkah kongkrit dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengakselerasi dan meningkatkan rasio pendaur ulangan sampah plastik di Tanah Air,” tegasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News