Pura Taman Beji
Pemkab Buleleng Berikan Hibah, Proyeksikan Pura Taman Beji Sebagai DTW. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, menunjukkan keseriusan dalam menjaga aset-aset budaya daerah yang dimiliki. Kali ini, Pemkab Buleleng memberikan bantuan hibah sebesar Rp150 juta untuk pembangunan Pura Taman Beji, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan.

Bantuan hibah sebesar Rp150 juta untuk pembangunan Pura Taman Beji, diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Sabtu (25/9/2021). Hibah diterima langsung oleh Bendesa Adat Sangsit Dauh Yeh I Wayan Wissara, di Pura Beji, Desa Sangsit Kecamatan Sawan.

Pura Taman Beji sendiri, berlokasi tepat di belakang Pura Beji, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan.

Sutjidra menyampaikan bahwa Pemkab Buleleng mendukung penuh upaya pembangunan Pura Taman Beji. Terlebih lagi, karena Pura Taman Beji merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih bersangkutan dengan cikal bakal lahirnya Kabupaten Buleleng.

Baca Juga :  Kadek Sariningsih: Sosok Kartini Kerah Biru, Menjaga Keamanan Publik

“Kegiatan ini adalah salah satu pelestarian, peninggalan sejarah Kabupaten Buleleng. Ada kaitan dengan keberadaan daripada cikal bakal Kabupaten Buleleng, salah satu yang tersisa adalah di Pura Beji, Desa Sangsit Dauh Yeh,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sutjidra memaparkan proyeksinya, bahwasannya upaya pembangunan ini ke depan bisa menjadikan Pura Beji sebagai ikon dan salah satu Destinasi Tujuan Wisata (DTW) Kabupaten Buleleng. Menurunya, sekarang mulai banyak wisatawan yang melirik dan berkunjung mengadakan studi di Pura Beji, Desa Sangsit.

Di sisi lain, ditanya mengenai upaya restorasi bagi Pura Beji sendiri, Ia menjelaskan bahwa hal tersebut akan dipikirkan lebih lanjut. Pasalnya, restorasi Pura Beji, Desa Sangsit akan menyerap dana yang cukup besar.

“Itu mungkin akan dipikirkan kembali apakah bisa memungkinkan karena dana yang diserap cukup banyak,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News