Seniman Bali
Bupati Giri Prasta saat menerima audiensi Paguyuban Seniman Bali di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Jumat (24/9/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menerima audiensi Paguyuban Seniman Bali, terkait rencana pelaksanaan upacara Pamlepeh Jagat di Pura Dalem Ped Nusa Penida yang puncaknya jatuh pada tanggal 6 Oktober 2021 mendatang, Jumat (24/9/2021) di Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung.

Dalam sambrama wacananya Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi atas rencana mulia, yang di cetuskan oleh paguyuban seniman Bali menggelar upacara pamlepeh jagat, untuk memohon keselamatan dari bencana dan gejolak sosial yang terjadi akhir-akhir ini.

“Upacara itu sebagai wujud usaha kita agar bisa dekat dan mendapatkan berkah Ida Sang Hyang Widhi Wasa terlebih dalam pandemi Covid-19 ini, di agama Hindu kita kenal dengan gering agung sabsab dan merana. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan upacara ini kondisi jagat bisa kembali normal,” kata Giri Prasta.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Lepas Atlet Badung Untuk Kontingen Bali ke PON XX 2021 Papua

Menurut Giri Prasta, terganggunya keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan manusia bisa diminimalisir dengan upacara pamlepeh jagat yang dilaksanakan di pura dalem ped yang dipercaya sebagai huluning segara.

“Semoga rencana mulia semeton seniman Bali dalam menggelar upacara pamlepeh jagat untuk mewujudkan kerahayuan bhuana agung dan bhuana alit bisa memargi antar labda karya sida sidaning don,” harapnya.

Secara khusus Bupati Giri Prasta juga memberikan dukungan terhadap rencana pelaksanaan upacara tersebut dengan memberikan punia pribadi sebesar Rp100 juta.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Ikuti Peringatan 3 Tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali

Sementara itu perwakilan Paguyuban Seniman Bali, Komang Dedi Diana (Tompel) melaporkan, ditengah kondisi seperti saat ini para seniman Bali terketuk hatinya ikut ambil bagian bersama dengan masyarakat dan pemerintah untuk berusaha mewujudkan kondisi Bali, Indonesia dan dunia agar bisa segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19.

“Kami para seniman Bali dengan rasa tulus iklas akan menggelar upacara pamlepeh jagat yang akan kita pusatkan di pura dalem ped Nusa penida, dengan harapan melalui pelaksanaan upacara Yadnya ini kita semua bisa bangkit dan alam bisa pulih dari pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga :  Suami Korban Menduga Adanya Keterlibatan Pihak Berwenang dalam Kasus Mafia Tanah yang Terjadi di Nusa Penida

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta karena dengan tulus iklas memberikan Punia pribadi sebesar Rp100 juta guna menyukseskan pelaksanaan upacara yang dirancang oleh paguyuban seniman Bali.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here