Donor Darah
Pangdam Maruli mendonorkan darahnya di Aula Makorem Wira Satya, menyambut momentum HUT TNI ke-75. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-76, Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan bakti sosial donor darah, yang diikuti oleh ratusan prajurit dan istri prajurit di jajaran Kodam IX/Udayana, yang kegiatannya berlangsung di Aula Korem 163/Wira Satya, Jalan PB Sudirman, Kota Denpasar, pada Rabu (22/9/2021) pagi.

Dalam kesempatannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, turut hadir dan menyumbangkan darah dalam acara Bhakti Sosial (Baksos) donor darah tersebut didampingi oleh Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf dalam pelaksanaanya.

Dikutip dari Pendam IX/Udayana, selain Pangdam, turut hadir mendonorkan darah diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana bersama para Prajurit, PNS dan Ibu-ibu Persit Jajaran Kodam IX/Udayana yang berada di wilayah Provinsi Bali serta berhasil terkumpul sebanyak 134 kantong darah (golongan darah A berjumlah 29, B sebanyak 42, AB sebanyak 5 dan golongan darah O sebanyak 58 kantong).

Baca Juga :  Gubernur Bali Luncurkan Keyboard Aksara Bali

Acara yang diawali dengan sambutan Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, S.H., S.Sos., M.Si., intinya mengucapkan terimakasih kepada Pangdam dan Jajaran Kodam IX/Udayana yang telah memberikan dukungan kepada PMI, guna membantu kekurangan darah khususnya di Provinsi Bali.

Dukungan darah ini sangatlah membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian kita di masa pandemi Covid-19. Motivasi dari Kodam IX/Udayana, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam mengatasi kesulitan akan darah di masa pandemi Covid-19 ini.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-76, pada hari ini kita melaksanakan Baksos donor darah. Kedepan kita akan menjadwalkan setiap satuan guna mendapat cadangan darah untuk PMI yang mana per tiga bulan akan didata oleh satuan masing-masing.

Baca Juga :  Pimpin Desk Program APBD Perubahan, Bupati Tamba Soroti Realisasi di Masing-masing OPD

Selain kegiatan sosial donor darah, sebetulnya banyak juga kegiatan sosial yang dikerjakan Kodam IX/Udayana seperti kegiatan rehab RTLH dan lain sebagainya, namun di momen HUT TNI ini ada satu hal momen yang cukup unik yaitu rencana akan meresmikan pompa hidram untuk pengairan sawah.

Mudah-mudahan ini dapat dijadikan suatu pilot project untuk mengatasi permasalahan tentang lahan sawah maupun kebun yang tadah hujan dan bahkan yang selama ini tidak diolah.

“Semoga pilot project ini bisa berjalan baik dan bisa menjadi contoh untuk diseluruh tempat,” harap Pangdam.

Baca Juga :  Tetap Waspada Penyebaran Covid-19, Perkantoran Pemprov Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Untuk yang lain, terkait air bersih maupun sanitasi dan ini sudah berjalan sekitar enam atau tujuh bulan yang lalu. Kita sudah membuat 151 titik air tersebar di Bali-Nusra dan siang ini kita bersama-sama akan melanjutkan sebanyak 51 titik, sehingga untuk membuat sebanyak 202 titik bisa terealisasi dan mudah-mudahan bulan depan bisa diselesaikan.

“Yang perlu diingat, bahwa ini semua adalah hasil kerja kita bersama. Semua yang ada di Kodam IX/Udayana ini mempunyai andil dalam pelaksanaan pembuatan kegiatan-kegiatan sosial Kodam IX/Udayana,” tegas Pangdam. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here