Terbaik
Kabupaten Buleleng Jadi Daerah dengan Realisasi TKDD Terbaik di Bali. Sumber Foto : Istimewa

“Ini yang menjadi terbaik di Bali. Artinya hampir semua transfer dari pemerintah pusat bisa digunakan dengan baik oleh Pemkab Buleleng,” ucap Tri Budhianto.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyebutkan berbagai upaya dilakukan untuk penyerapan TKDD di Kabupaten Buleleng bisa maksimal. Salah satunya adalah penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK). Strategi-strategi yang diberikan oleh pemerintah pusat agar DAK bisa terserap maksimal, terus dilakukan. Mulai dari pembatasan tanggal, menyediakan Detail Engineering Design (DED) dengan baik dan mengatur irama dana yang masuk.

Baca Juga :  Fokus Peningkatan Kinerja Pemdes, Pemkab Buleleng Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024

“Karena bagi kami di Buleleng, DAK ini yang kami harapkan. Bantuan dari APBN diperlukan karena kemampuan fiskal kami yang belum maksimal. “Ini salah satu yang bisa kami manfaatkan untuk mendorong akselerasi pembangunan,” sebut dia.

Peningkatan kemampuan fiskal Kabupaten Buleleng juga terus diupayakan dengan berbagai cara semaksimal mungkin.

Diharapkan, dengan kondisi berakhirnya pandemi Covid-19 bisa membantu mencapai peningkatan kemampuan fiskal. Termasuk beroperasinya jalan baru Denpasar-Singaraja yang mempercepat pencapaian tersebut. Dengan berkurangnya hambatan-hambatan aksesibilitas yang mengganggu Buleleng tersebut, bisa menaikkan iklim investasi.

“Dengan iklim investasi yang meningkat, diharapkan mampu menaikkan kemampuan fiskal daerah,” ungkap Agus Suradnyana.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News