Bimtek
Disdik Gianyar Gelar Bimtek Pengelolaan Belajar Berkualitas PAUD. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Guna mendukung Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas di Kabupaten Gianyar, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belajar Berkualitas Paud Tahun 2021.

Kegiatan Bimtek dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya, didampingi Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Made Sunata bertempat di Hotel Gianyar, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 23 sampai 24 September 2021 dengan peserta Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Gianyar, dengan jumlah peserta 20 orang serta narasumber dari BPPAUD dan narasumber lokal dari Kabupaten Gianyar. Adapun sumber dana dari Bimtek bersumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, I Made Sunata mengatakan gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas menjadi fokus guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa. Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa, agar di masa depan lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas. Secara umum, kualitas lingkungan belajar dapat dibagi menjadi dua yaitu kualitas struktural (terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dan pengaturan lingkungan belajar) serta kualitas proses pembelajaran.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas, diantaranya kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak, pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, kualitas guru dan tenaga kependidikan.

Akan tetapi saat ini, belum semua satuan PAUD memiliki lingkungan belajar yang berkualitas, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran anak serta masih terdapat banyak praktek pembelajaran yang belum sesuai dengan tahap perkembangan dapat menjadi hambatan terwujudnya kualitas lingkungan belajar yang baik.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan masa anak belajar di tingkat PAUD merupakan masa dimana anak-anak bermain dan menumbuhkan karakter anak serta pengenalan terhadap lingkungan.

“Masa PAUD adalah masa bermain dan menumbuhkan karakter bagi anak,” ujar Made Suradnya.

Made Suradnya menambahkan, lingkungan belajar berkualitas tidak terlepas dari sarana prasarana yang tersedia guna mendukung proses belajar yang dilakukan di tingkat PAUD, serta didukung dengan suasana interaksi antara guru dengan anak, orang tua serta lingkungan sekitar yang nyaman.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Gelar Pelatihan Bahasa Bali, Tingkatkan Minat Generasi Muda Pelajari Bahasa Bali

“Bagaimana kedekatan emosi antara pengajar atau pendidik dengan anak dan orang tua siswa karena ini menimbulkan kenyamanan bagi anak tersebut,” ujar Made Suradnya.

Made Suradnya berharap dari 20 orang peserta yang mengikuti Bimtek, diharapkan bisa meneruskan kepada guru-guru PAUD di masing-masing kecamatan.

“Dari 20 peserta ini diharapkan dapat meneruskan ke kecamatan masing-masing,” kata Made Suradnya.

Dia mengingatkan guru-guru untuk menjalankan prokes sebelum maupun sedang melaksanakan pembelajaran di sekolah, dimana Kabupaten Gianyar sudah mulai membuka PTM.

“Ini merupakan permohonan orang tua siswa kepada Bapak Bupati, ini betul-betul mengambil resiko yang luar biasa maka dari itu jangan pernah teledor, jangan pernah menganggap sepele,” tegas Made Suradnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News