Tempat Pemrosesan Akhir
Bupati Suwirta Tekankan 3 Hal dalam Mengelola TPS 3R. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri kegiatan serah terima pekerjaan dan peresmian TPS3R Bhuana asri Desa Selat dan TPS3R Desa Akah Asri Desa Akah Kecamatan Klungkung bertempat di TPS 3R Bhuana Asri Desa Selat pada Jumat (3/9/2021).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menekankan pada tiga hal dalam mengelola TPS3R yakni, pertama, Pengadministrasian tentang Aset yang ada di TPS3R agar dapat dicatat dengan baik, kedua, Pemanfaatan dengan cara menguatkan komitmen masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dari sumber, pengelola TPS3R dapat belajar proses pemilahan yang sudah dilakukan oleh Kabupaten, lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan supaya dibuatkan perarem berupa sanksi bagi pelanggar, dan ketiga, pemeliharaan, supaya aset yang dimiliki dapat dipelihara dengan baik

Bupati Suwirta mengingatkan Perangkat Desa agar kerjasama dengan pihak pengelola TPS3R dapat diawasi supaya TPS3R berjalan dengan baik, dan tidak ada kesalahan dalam pengelolaannya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali I Nyoman Sutresna mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari semua pihak, karena dengan kerja kerasnya di tengah masa pandemi pekerjaan fisik TPS3R ini dapat terselesaikan dengan baik.

Baca Juga :  Desa Swan Villas & SPA Keramas, Surga Liburan Bernuansa Bali

Dirinya mengingatkan bahwa setelah fase konstruksi fisik terlewati, selanjutnya melalui kegiatan serah terima aset ini, maka keberlanjutan program ini, ada di tangan Bapak/ibu pemerintah daerah, KPP dan masyarakat sekitar.

I Nyoman Sutresna menekankan bahwa aspek yang diperlukan untuk keberlanjutan TPS3R adalah biaya pengelolaan, sosialisasi dan edukasi serta penyiapan peraturan terkait. Dan karena dalam kegiatan ini juga turut hadir dari perangkat daerah bahwa alokasi pemda tetap dibutuhkan, bukan bantuan untuk KPP tapi kewajiban Pemda sebagai pihak yang mengajukan surat minat. Karena TPS3R dibangun atas surat minat tersebut dalam hal mengurangi beban pengelolaan sampah pemda.

“Mudah-mudahan langkah cepat tanggap mengenai penanganan lingkungan dari semua pihak yang terlibat akan terus bergulir dan tidak terhenti, sampai nantinya TPS3R ini dapat dikelola dan dipelihara sebagaimana mestinya, karena pengelolaan sampah ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” harapnya.

Perbekel Desa Selat, I Gusti Putu Ngurah Adnyana melaporkan bahwa konsep utama pengolahan sampah pada TPS3R Bhuana Asri adalah untuk mengurangi kuantitas atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah.

Penanganan sampah dengan pendekatan infrastruktur TPS3R lebih menekankan kepada cara pengurangan, pemanfaatan dan pengolahan sejak dari sumbernya, pada skala komunal (area permukiman, area komersial, area perkantoran, area pendidikan, area wisata, dan lain-lain).

Adapun organisasi pelaksana di tingkat masyarakat dalam kegiatan TPS3R Bhuana Asri adalah kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Labda karya dan Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Bhuana Asri Desa Selat.

TPS3R dapat mendukung ketercapaian target pengurangan sampah sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah tangga Tahun 2017-2025.

Baca Juga :  Pj. Ketua Dekranasda Bali Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo

TPS3R Bhuana Asri Desa Selat adalah dibangun di tanah seluas 17 are. Sedangkan anggarannya dibagi menjadi yaitu dari APBN 600.000.000 rupiah, swadaya masyarakat Rp1.600.000, dan dari APBDES 224.573.668 rupiah dengan lama waktu pengerjaan 104 hari.

Sedangkan TPS3R Desa Akah Asri Desa Akah dibangun menggunakan dana APBN Rp600 juta, dana swadaya masyarakat Rp1.600.000, dan dana APBDes Rp99.898.670. Lama pengerjaan 104 hari kalender, pelaksana KSM Bangun Lestari dengan luas bangunan 23 Are.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali I Nyoman Sutresna menjadi saksi dalam kegiatan serah terima pekerjaan dan melaksanakan peresmian terhadap kedua TPS3R tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, I Ketut Suadnyana dan instansi terkait lainnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News