Bimtek
40 Orang Fasilitator di Buleleng Disiapkan Untuk Bimtek SPAB ke Sekolah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sebanyak 40 orang fasilitator akan disiapkan menjadi fasilitator di sekolah-sekolah dalam rangka bimbingan teknis (bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kabupaten Buleleng, Bali.

Jumlah tersebut terungkap saat rapat koordinasi (rakor) persiapan bimtek SAPB yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa di ruang Rapat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kamis (2/9/2021).

Ditemui usai rakor, Suyasa menjelaskan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melihat bahwa satuan Pendidikan yaitu sekolah dan warganya dari awal harus diedukasi. Utamanya dalam mitigasi terhadap bencana yang terjadi. Sebelum sampai pada satuan Pendidikan, akan dibentuk fasilitator yang sebelumnya akan memperoleh bimtek dari BNPB. Ada 40 orang yang disasar untuk menjadi fasilitator atau tutor ke sekolah-sekolah.

“Kita memberi masukan kepada tim dari deputi BNPB supaya bisa menentukan orang yang bisa memberikan waktu dan tenaga sepenuhnya untuk menjalankan tugas sebagai fasilitator,” jelasnya.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

Fasilitator yang disasar adalah yang berusia 25 sampai dengan 50 tahun. Tentunya, rentang usia ini masih sangat bagus. Masih sangat enerjik, sehat dan kondisinya fit. Jika di atas 50 tahun, akan susah karena fasilitator menghadapi situasi lapangan yang berat. Memerlukan waktu yang luang, tenaga dan kondisi yang memadai.

“Tinggal melihat saja siapa yang ada di masing-masing lembaga untuk usia itu, untuk ditetapkan,” ucap Suyasa.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News