Sembako
Wakil Bupati Buleleng Serahkan Bantuan Paket Sembako untuk 150 ODHA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, yang juga sekaligus Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Buleleng bersama dengan jajaran memberikan bantuan kepada 150 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako yang diberikan kepada 150 ODHA di Kabupaten Buleleng.  Dalam kegiatan ini, dibagikan sebanyak 150 paket sembako, dengan rincian 61 paket diberikan di Puskesmas Tejakula I, 62 paket diberikan di Puskesmas Kubutambahan I, dan 27 paket di Puskesmas Sawan I, Kamis (19/8/2021). Hingga saat ini, jumlah kumulatif ODHA di Kabupaten Buleleng ialah 2400 orang. Sedangkan, jumlah kasus aktif hingga saat ini adalah 1.883 orang.

Baca Juga :  Pria 80 Tahun Ditemukan Meninggal Dunia di Aliran Sungai, Keluarga Sempat Bikin Upacara

“Penanganan kesehatan dan obat-obatannya, itu semua kami fokuskan. 1.883 ini yang kita perhatikan, mendapatkan pendampingan dan pengobatan,” kata Sutjidra ditemui usai pemberian paket sembako.

Setiap ODHA di Kabupaten Buleleng, memiliki pendamping yang bertugas untuk memberikan semangat dan pemahaman.  Misalkan, saat seorang ODHA sakit, pemakaian jarum suntik harus diperhatikan. Termasuk transfusi darah juga sangat diperhatikan.

“Yang punya bayi diingatkan untuk tidak menyusui bayinya. Pendamping selalu mengingatkan hal ini,” tambah Sutjidra.

Menurutnya, pendamping selalu mengupayakan agar ODHA tidak patah semangat, rendah diri, maupun merasa dikucilkan. Sutjidra berharap, ODHA harus beraktivitas seperti seharusnya. Tetapi memperhatikan rambu-rambu yang sudah diberikan. Beberapa ODHA juga diberikan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News