Semprot
Program Semprot Eco Enzyme Korem 163/Wira Satya Jalan Terus, Kini Giliran Desa Mas Ubud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Setelah beberapa kali melakukan penyemprotan eco enzyme di tempat berbeda baik di wilayah Denpasar dan Gianyar, kini kegiatan yang sama kembali dilakukan di wilayah Gianyar, tepatnya di Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kamis (5/8/2021).

Kegiatan penyemprotan eco enzyme di wilayah Desa Mas, Ubud adalah sebagai bentuk respon terhadap permintaan Perbekel (Kepala Desa) Mas I Gede Darmayuda yang langsung bersurat kepada Danrem 163/Wira Satya, yang meminta wilayah Desa Mas untuk dibantu penyemprotan eco enzyme.

Demikian dijelaskan oleh Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana, S.S., yang langsung hadir di lokasi kegiatan mendampingi Koordinator Program Penyemprotan Eco Enzyme Korem 163/Wira Satya Letkol Caj Drs. Ida Bagus Suardika, yang juga merupakan Kepala Ajudan Jenderal Korem 163/Wira Satya.

“Ini kesekian kalinya kegiatan penyemprotan kita lakukan, beberapa wilayah di Denpasar, Gianyar dan terus akan berlanjut ke depannya di tempat lain. Kita juga menggandeng komunitas eco enzyme yang ada di Bali,” beber Kapenrem.

Baca Juga :  Dewan Provinsi Bali Sampaikan Raperda Inisiatif Tentang Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Mayor Bagus juga mengatakan kegiatan ini akan terus berlanjut karena mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk ketersediaan eco enzyme yang siap disemprotkan. Eco enzyme tersebut terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran dicampur dengan molase atau gula merah dan air serta difermentasi selama 90 hari atau tiga bulan. Setelahnya siap digunakan.

Untuk di wilayah Desa Mas kegiatan penyemprotan ini menyediakan 6.000 liter campuran air dengan eco enzyme untuk disemprotkan di wilayah Desa Mas dengan rute penyemprotan mulai dari Kantor Desa Mas, Banjar Mas Kawan, Pengosekan, Nyuh Kuning di bagian barat. Kemudian bagian timur di Taman Pule, Tegal Bingin, Juga dan Banjar Tarukan, sehingga 12 Banjar di wilayah Desa Mas tercover penyemprotan. Untuk di jalan protokol Sakah-Mas sampai wilayah Teges Ubud penyemprotan menggunakan mobil Water Canon Batalyon Zipur 18/YKR Kodam IX/Udayana.

Baca Juga :  Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali Ajak Semua Pihak “Ngrombo” Sukseskan Pelaksanaan Desa Binaan Telajakan Bersemi di Desa Temesi

Perbekel Desa Mas I Gede Darmayuda sangat berterima kasih kepada pihak Korem 163/Wira Satya yang telah membantu penyemprotan eco enzyme di wilayah desanya.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., yang telah menindaklanjuti permintaan kami dalam penyemprotan eco enzyme, yang kami nilai sangat baik dan bermanfaat untuk menetralisir kondisi lingkungan dan polusi udara, terlebih dalam kondisi memerangi Pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Pelaksanaan di lapangan banyak warga yang terkaget dengan penyemprotan yang dilakukan karena dipikir penyemprotan desinfektan, tetapi petugas menyampaikan bahwa yang disemprotkan adalah eco enzyme sangat aman bagi lingkungan dan juga tubuh kita. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News