Mahasiswa UGM
Mahasiswa UGM Kembangkan Pembelajaran Asyik Bagi Anak Disleksia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Lima mahasiswa UGM mengembangkan program Sahabat Belajar menggunakan media pembelajaran yang dikemas secara menarik dan interaktif bagi anak disleksia.

Mereka adalah Khofifah Nur Meirawanti (SV), Roihatul Jannah (SV), Hikari Salsabiela Amalia (PSIKOLOGI), Muhammad Taufiq Hidayat (SV), dan Nur Ismail Rizkyawan (FT). Kelimanya tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) UGM dan berhasil mendapatkan pendanaan pelaksanaan program dari Dikti.

Lewat kegiatan pengabdian masyarakat dengan program Sahabat Belajar, mereka mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak disleksia untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas bernama Smart Pop Up Book. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Smile Plus School Sleman yang merupakan sekolah inklusi yang memberikan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan tingkat pendidikan PAUD/KB, TK, dan SD.

“Dari beberapa media pembelajaran yang ada, masih dirasa kurang untuk menunjang pendidikan yang berkualitas bagi anak disleksia,” ungkap Hikari Salsabiela Amalia, salah satu anggota tim Jumat (20/8/2021).

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

Ia menyebutkan beberapa siswa di Smile Plus School masih kesulitan dalam membaca, menulis, membedakan huruf, mengingat waktu, struktur tata bahasa, berhitung, berpikir kritis atau menyimpulkan sebuah masalah, dan lainnya. Sementara dari pihak orang tua juga masih kurang memahami bagaimana cara menerapkan pembelajaran yang baik bagi anak-anaknya.

Oleh sebab itu mereka mengembangkan media pembelajaran yang asik, menarik serta interaktif bagi anak disleksia. Media pembelajaran berupa Smart Pop-Up Book terdiri atas 4 bukaan dalam bentuk 3 dimensi dan 8 bukaan lainnya dalam bentuk halaman biasa yang berisikan kompetensi materi pelajaran SD. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur latihan soal, kuis, dan permainan interaktif.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News