PLN
Luncurkan e-Procurement Academy, PLN Pimpin Transformasi Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN. Sumber Foto : Istimewa

Pembentukan e-Procurement Academy sendiri dimulai dari rilis Transformasi PLN tahun lalu dan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim Initiative Owner dan Subinitiative Owner transformasi pada Agustus 2020. Kemudian Project Management Office Procurement Excellence BUMN menindaklanjuti dengan penugasan PLN sebagai Penanggung jawab Inisiatif Utama untuk Sharing & Education di lingkungan BUMN. Sehingga platform e-Procurement Academy kemudian disesuaikan untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Senada dengan itu, Amien Sunaryadi selaku Komisaris Utama PLN, mewakili Dewan Komisaris menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas platform e-Procurement Academy.

Baca Juga :  Kolaborasi Srikandi PLN–YBM PLN, Aktif Dukung Peningkatan Kapasitas UMKM di Bali

Amien mengaku berdasarkan pengalaman kerjanya di beberapa lembaga internasional, model pelatihan yang dihadirkan dalam e-Procurement Academy akan efisien dan efektif. Terlebih untuk memberi standarisasi cara kerja dan cara pikir di berbagai kantor PLN seluruh Indonesia. Untuk itu pihaknya pun mendorong agar pengembangan berkelanjutan dapat dilakukan.

“Saya mendorong PLN agar terus mengembangkan e-Procurement Academy supaya ke depan dapat jadi wadah sinergi bagi insan pengadaan di tingkat BUMN” tandasnya.

Sebagai informasi, setelah peluncuran untuk internal PLN hari ini, selanjutnya akan dilakukan Peluncuran Perdana untuk BUMN pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

Platform e-Procurement Academy juga selanjutnya akan terus dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan BUMN yang terbagi dalam 3 lini. Lini pertama yakni Diklat Pedoman Pengadaan Barang untuk sertifikasi pengadaan untuk seluruh BUMN. Kedua, Digital procurement tools untuk Pengembangan Diklat Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa, yang mengacu dari buku biru BUMN.

Baca Juga :  Mudik Asik dengan Kendaraan Listrik Gak Usah Kawatir, Tersedia 76 SPKLU Tersebar di 30 Lokasi

Terakhir, Procurement General Knowledge untuk pengembangan materi lain terkait procurement baik dari BUMN lain ataupun dari eksternal yang akan tersedia dalam satu platform terintegrasi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News