HUT RI ke-76
Gianyar Memperingati 76 Tahun Indonesia Merdeka. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-76, tahun 2021 di Kabupaten Gianyar dilaksanakan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dari lokasi peringatan detik-detik proklamasi yang biasanya dilaksanakan di Lapangan Astina Raya Gianyar kini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Gianyar dengan peserta yang sangat terbatas, Rabu (17/8/2021).

Peserta upacara hanya dihadiri oleh pimpinan organisasi perangkat daerah, Forkopimda, serta masing-masing 11 perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar dan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar bersama perwakilan dari Polri.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

Meski demikian, upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia berlangsung sangat khidmat dengan semangat yang tak kalah dari tahun sebelumnya.

Meski tertutup masker, pancaran mata Bupati Gianyar I Made Mahayastra yang menjadi inspektur upacara, terlihat sangat bersemangat dan penuh hormat saat sangsaka merah putih mulai dikibarkan yang diiringi dengungan instrument Indonesia Raya. Begitupula dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Anom Masta yang bertugas membacakan teks proklamasi kemerdekaan.

Peringatan hari kemerdekaan tahun ini mengambil tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), disebutkan bahwa logo Kemerdekaan ke-76 RI ini merupakan visualisasi tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’. Tema ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi itu digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah. Makna logo selain filosofi, disebutkan juga makna tiap bentuk yang terdapat pada logo.

Baca Juga :  Kementerian Sosial RI dan Ajik Krisna Bersatu Membuka Peluang Kerja Bagi Difabel di Bali

Stabilitas dan pembangunan Bentuk angka ‘7’ diasosiasikan sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan ‘kepala Garuda’ yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. Gerak dan pertumbuhan Bentuk ‘6’ diasosiasikan sebagai ‘orang dan roda yang sedang bergerak’ terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News