Boncengan
Berboncengan Saat Naik Motor, Harus Tetap #Cari_Aman Bersama SMK Negeri 2 Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

Selain itu sebagai pengendara atau pemakai motor ada hal-hal yang wajib diketahui saat membonceng atau penumpang dibelakang pengendara.

Berikut adalah 6 tips membonceng yang wajib diketahui agar tetap #Cari_Aman :

  1. Pastikan pembonceng sehat jasmani dan rohani serta menggunakan riding gear yang aman;
  2. Ingatkan selalu postur berboncengan (tangan, lutut, dan kaki) agar si pembonceng paham;
  3. Membawa kendaraan lebih santai karena berboncengan berarti ada beban tambahan yang akan berpengaruh ke stabilitas sepeda motor;
  4. Selalu berkomunikasi dengan si pembonceng;
  5. Saat mengobrol pandangan tetap fokus ke depan; dan
  6. Jika pembonceng merasa mengantuk, jangan memaksakan untuk tetap jalan. Istirahatlah di tempat yang aman.
Baca Juga :  Ketua DPD Gerindra Langsung Serahkan Hadiah Utama Jalan Santai HUT ke-16 Partai Gerindra

Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan teknik berkendara yang baik tidak hanya harus diketahui oleh pemakai motor, tetapi pembonceng juga harus paham posisi sebagai penumpang, karena hal tersebut sangat mempengaruhi keselamatan saat di jalan raya. Dengan edukasi keselamatan berkendara ini dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

“Beberapa tips kami sharing-kan pada webinar yang kali ini melibatkan siswa-siswi dari SMK Negeri 2 Denpasar. Kami berharap peserta lebih pahan bahwa penumpang sepeda motor atau pembonceng tidak hanya duduk di jok belakang saja, tapi perlu diketahui juga tekniknya agar pengendara merasa nyaman saat mengendarai sepeda motor serta tetap #Cari_Aman di mana pun,” ungkap Iswahyudi.

Baca Juga :  Pabrik Baterai Honda dan LG Energy Solution Targetkan Mulai Beroperasi Pada Akhir Tahun 2024

Kegiatan webinar edukasi safety riding kerap dilaksanakan dengan lebih interaktif dan mudah diterima oleh para peserta edukasi, karena kondisi pandemik yang belum usai. Bentuk komitmen Honda sebagai pelopor keselamata berkendara di kondisi saat ini untuk tetap konsisten melakukan kampanye #Cari_Aman terus dilakukan dimulai dari usia dini, sekolah, komunitas, dan juga ke publik dengan mengedepankan protokol Kesehatan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News