GenBI Undiksha
GenBI Undiksha Gelar Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – GenBI Komisariat Unversitas Pendidikan Ganesha melangsungkan kegiatan GeneROVE (GenBI Peduli Mangrove) sebagai bentuk progam kerja kedua dari Divisi Lingkungan Hidup GenBI Komisariat Undiksha.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan dari Nation Conservation Forum (NCF), perwakilan Kepala Desa Pejarakan, dan perwakilan dari GenBI Provinsi Bali, Rabu (11/8/2021) lalu.

GeneROVE mengusung tema ‘Peduli Mangrove, Peduli Pulau Kita’ yang tentunya berfokus pada bagaimana bentuk kepedulian terhadap alam salah satunya dengan cara menanam mangrove di pesisir pantai. Sebagai bentuk perwujudan Tri Hita Karana yakni Palemahan (Hubungan Manusia dengan Alam).

Pada kegiatan tersebut turut serta hadir perwakilan dari Nation Conservation Forum (NCF) Putri Menjangan, perwakilan Kepala Desa Pejarakan, dan perwakilan dari GenBI Provinsi Bali.

“Mangrove adalah oksigen bagi kehidupan, mangrove merupakan penopang hidup. Mangrove sebagai tumbuhan yang terdapat di daerah pasang surut dan juga sebagai komunitas. Selain itu, mangrove merupakan penyumbang 35% oksigen ke bumi. Terdapat 102 jenis mangrove, namun yang kita tanam hanya beberapa jenis saja seperti avecenia marina, ceriops australis, rhizopora apiculata, rhizopora stylosa, rhizopora mucronata, ceriops tagal, sonaratia alba, bruguiera gymnorrhiza,” tandas Bapak Ngurah selaku perwakilan NCF Putri Menjangan.

Selaku Ketua Panitia, Wayan Manika Ananda Hindu Widnyana dan Kepala Divisi Lingkungan Hidup, Brillian Wigi Listiantomi menyampaikan, bahwa tema tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat turut serta menjaga serta merawat kelestarian lingkungan terutama daerah pesisir pantai dengan semakin gencar menanam bakau, guna mencegah abrasi.

Baca Juga :  Bupati Suradnyana Dukung Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber
GenBI Undiksha
GenBI Undiksha Gelar Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai. Sumber Foto : Istimewa

“Kita tidak hanya melakukan penanaman mangrove saja, tetapi juga pendapat pengetahuan tentang mangrove, baik dari manfaatnya, jenisnya, cara menanamnya, dan sebagainya,” tuturnya.

GenBI melalui divisi lingkungan hidup akan terus berupaya melakukan pelestarian lingkungan melalui berbagai program kerja, dengan harapan akan terus berlanjut dan menginspirasi masyarakat untuk turut serta merawat dan menjaga Alam kita Bersama.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini