Isoman
209 Orang Pasien Covid-19 di Buleleng Dipindah ke Tempat Isoter. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sebanyak 209 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Buleleng yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dipindahkan ke tempat isolasi terpusat (Isoter).

Pemindahan ini dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng pada Sabtu (14/8/2021).

Wakil Bupati yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng I Nyoman Sutjidra saat ditemui usai menjadi pembina dalam Apel Gelar Pasukan Pergeseran Isoman ke Isoter di Lapangan Ngurah Rai menjelaskan pemindahan dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Khususnya pada klaster keluarga. Dengan pengalam satu bulan penyelenggaraan isoter, membuahkan hasil yang sangat baik. Selama ini, pasien Covid-19 yang menjalani isoter mengalami kesembuhan yang sangat signifikan.

”Selama ini pasien yang melakukan isoter tidak ada yang tidak sembuh ataupun mengalami kematian,” jelasnya.

Baca Juga :  Tergiur Harga Mahal, Ngurah Kini Terancam Penjara 5 Tahun Usai Tebang Sonokeling 

Pergeseran dilakukan juga karena pasien Covid-19 yang menjalani isoman tidak dapat dijamin untuk melakukan isolasi secara disiplin. Sehingga, perlu untuk dipindahkan ke tempat isoter. Isoter yang dilakukan Buleleng selama ini sudah terbukti dan dijadikan contoh untuk kabupaten/kota lainnya di Bali.

Hal ini dikarenakan satu-satunya kabupaten yang bisa memobilisasi sampai 600 pasien lebih di tempat isoter yang ada adalah Buleleng. Sejauh ini, masih ada 209 pasien dari sembilan kecamatan yang harus dipindahkan ke tempat isoter. Jumlah tersebut masih di bawah ketersediaan tempat tidur yang mencapai 270 buah.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News