LPD
Kepala Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kesiman, I Wayan Rayun. Sumber Foto : Istimewa

“Untuk itu kita perlu ada pelatihan-pelatihan bagaimana memberikan pelayanan terhadap nasabah. Kita memanggil instruktur,” jelasnya.

Selain itu, dalam rangka menjaga loyalitas pegawai agar dapat maksimal memberikan pelayanan, LPD Kesiman memberikan rangsangan dengan program uang pensiun serta intensif bagi yang berprestasi.

“Nah SDM inilah yang perlu dibangun awal,” tegas Rayun.

Kedua, sambung Rayun, integritas menempati posisi yang sangat penting. Dengan adanya integritas pemimpin dan pegawai, tingkat kepercyaan nasabah untuk menempatkan uang nya di LPD akan tinggi. Hal itu menurutnya akan meningkatkan keuntungan (laba).

Baca Juga :  OJK Bali Dorong Perluasan Akses Pembiayaan Petani dan UMKM Melalui Kredit Usaha Rakyat

“Uangnya yang satu rupiah (Rp1) ditabungkan ya tercatatlah segitu. Sehingga timbal baliknya semakin percaya. Semakin percaya semakin bertambah tabungan dan deposito, gitu,” tuturnya.

Ketiga Teknologi Informasi (IT), dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang, pelayanan kepada nasabah akan lebih maksimal. Dengan adanya IT, akurasi data akan lebih baik, pelayanan lebih cepat, akses data-data nasabah lebih cepat serta transaksi juga akan lebih mudah.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News