Swab Covid-19
Kodam IX/Udayana Gelar Pelatihan Petugas Swab Covid-19. Sumber Foto : Istimewa

Selaku Kakesdam IX/Udayana bersama Staf dari Rumah Sakit Tk. II Udayana yaitu Mayor Ckm dr. Heri Herlambang, SpPK., akan mengajak dan memberikan pelajaran bagaimana cara melakukan Swab.

Mayor Ckm dr. Heri Herlambang, SpPK., menjelaskan pada kesempatan ini kita akan melaksanakan sharing kepada petugas pengambilan sampel PCR. Dimana dalam pemeriksaan yang paling utama adalah pengambilan sampel PCR tersebut.

Dalam pengambilan sampel PCR ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pengambilan harus sesuai prosedur yang benar sehingga didapat hasil yang sebenarnya, kemudian bagaimana penyimpanan dan pengiriman sampel tersebut.

Di jelaskan juga tentang hal-hal yang harus diperhatikan yaitu Viral Transport Media (VTM) sangat sensitif terhadap suhu sehingga harus diperhatikan suhu saat melakukan swab di outdoor, selalu menaruh VTM yang sudah mengandung sampel di dalam cool box dan pastikan cool box selalu dalam keadaan tertutup, serta cara mengambil specimen yang baik akan menentukan validasi sampel dan menentukan penanganan pasien selanjutnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News