Quizizz
Belajar Matematika yang Menyenangkan dengan Quizizz saat Pandemi. Sumber Foto : Istimewa

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membuat pembeajaran kuis online dengan Quizizz adalah memiliki akun pada email gmail untuk bisa masuk ke google. Kemudian mencari Quizizz pada penelusuran di google. Setelah itu mulailah membuat akun pada Quizizz, dan mulailah membuat soal online dengan memilih menu create a new quiz.

Adapun kelebihan dari kuis online quizizz adalah dapat memasukan equition, dapat memasukkan gambar, dapat memasukkan video, dapat menggunakan pengaturan waktu bahkan menggunakan beberapa jawaban, dan masih banyak pilihan-pilihan tampilan yang disediakan tergantung dari kebutuhan kita. Setelah selesai pembuatan soal pada Quizizz, kita dapat membagikan link atau kode kepada siswa, bisa dipilih salah satunya agar siswa dapat ikut login dan mengikuti kuis.

Baca Juga :  Tips Memilih Sarung yang Nyaman, Beli di Blibli Lebaran Promo Lebih Hemat!

Pada quizizz juga tertera data dan statistik tentang kinerja peserta didik. Kita akan dengan mudah melihat hasil jawaban siswa karena kita akan dengan mudah melihat semua jawaban yang dipilih oleh siswa. Siapa yang tercepat dan benar akan muncul secara otomatis ketika siswa selesai menjawab soal. Pada quizizz juga memunculkan laporan kemajuan siswa ketika menjawab kuis kepada orang tua siswa. Jadi jika ingin memberi laporan kemajuan peserta didik, kita bisa mengirimkan email kepada orang tua siswa.

Selain sebagai sarana untuk melakukan apersepsi proses belajar, quizizz bisa juga dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan hasil belajar pada akhir pembelajaran. Selama ini kita masih menggunakan cara memberi soal lalu siswa mengerjakan dibuku kemudian mengirimkan kembali jawabannya dengan difoto.

Baca Juga :  Dapatkan Tab Samsung S9 di Blibli Harga Terjangkau

Jadi kesempatan siswa untuk melakukan kerja sama akan sangat besar. Dengan quizizz dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih akurat lagi, karena siswa akan langsung menjawab soal ketika soal muncul dengan durasi waktu tertentu sehingga kesempatan mereka untuk berbagi jawaban menjadi sangat kecil. Ini merupakan salah satu kelebihannya.

Peserta didik menjadi semakin kritis dan kreatif dalam menjawab soal seperti nilai 4C (critical thinking, creativity, collaboration, dan communication) sesuai tuntutan abad 21 yang selalu kita tanamkan kepada siswa.

Baca Juga :  Pengalaman Dua Hari Mengendarai Motor Listrik Pertama Honda

Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melaluai penggunaan berbagai macam model dan metode pembelajaran ataupun dengan menggunakan media pembelajaran menarik sehingga dapat membuat siswa menjadi bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran yang kita rancang. Penggunaan yang mudah dan hasil penilaian yang cepat dapat kita ketahui menjadikan aplikasi pembelajaran dengan mengunakan quizizz mendukung pembelajaran 4.0, sehingga siswa memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar.

Oleh : I Gusti Agung Ayu Gede Mahadiyani, S.Pd., Guru SMPN 6 Tabanan

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News