Gratis
dr. Riyo Pungki Irawan. Sumber Foto : Istimewa

“Mulai membuka layanan konsultasi gratis kan tanggal 7 Juli dan selama 24 jam itu sampai tanggal 8 Juli ada sekitar 800 chat yang masuk minta konsultasi,” katanya.

Ia pun meminta bantuan rekan-rekan dokter muda lainnya untuk turut membantu memberikan layanan konsultasi online gratis bagi pasien isoman. Saat ini ia bergerak bersama 30 dokter dari berbagai rumah sakit di Indonesia seperti Yogykarata, Jakarta, Bangka, Batam, Medan, dan lainnya.

“Konsultasi tidak hanya via WA, ada juga pakai telegram. Karena basisnya kesukarelaan, maka saya bebaskan setiap dokter mau menggunakan platform apa. Begitu juga dengan hari dan jam konsultasi bebas, disesuaikan dengan kondisi masing-masing dokter,” paparnya.

Saat ini setiap harinya Riyo menerima chat konsultasi sekitar 100 orang. Konsultasi yang masuk kebanyakan mengajukan pertanyaan terkait terapi pengobatan, kapan vaksin kembali, PCR ulang dan lainnya. Meskipun hanya menawarkan jasa layanan konsultasi medis, malam-malam minta penanganan, ataupun meminta bantuan suplai oksigen.

Baca Juga :  K-MBSS dan RSUD Prof. Ngoerah Berkolaborasi Gelar Lokakarya Hands-On Estetika Staf Medis Korea

“Kami tidak melayani telemdicine emergency, tetapi hanya membantu memberi konsultasi medis,” terangnya.

Ia kembali menekankan bahwa jasa layanan yang diberikan hanya berupa konsultasi medis. Sementara itu tidak memberikan layanan paket isoman, suplai obat, oksigen, maupun ambulans. Selain itu ia juga tidak memberikan resep namun merekomendasikan obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

“Faktanya banyak pasien isoman saat konsultasi sudah mengonsumsi obat sendiri tanpa pengawasan dokter. Baiknya, selalu konsultasikan dulu obat apa yang akan dikonsumsi pada dokter,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News