Gratis
dr. Riyo Pungki Irawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTANEWS.COM, YOGYAKARTA – dr. Riyo Pungki Irawan (24) prihatin dengan kasus Covid-19 yang terus melonjak di tanah air. Sementara rumah sakit tak mampu lagi memberikan perawatan bagi seluruh pasien sehingga tidak sedikit yang mesti menjalani isolasi mandiri (isoman) dengan berbagai keterbatasan dalam pengobatan maupun perawatan di rumah.

Kondisi ini mendorong alumnus Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKM) UGM sekaligus dokter di Divisi Perinatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Sardjito ini membuka jasa layanan konsultasi medis online secara gratis. Layanan konsultasi diperuntukkan khusus untuk pasien Covid-19 isoman.

Baca Juga :  InJourney Hospitality Turut Melepas Peserta Mudik Asyik bersama BUMN Tahun 2024

Ia mengungkapkan ide membuka jasa layanan konsultasi online gratis ini berawal dari banyaknya temannya yang terinfeksi Covid-19 dan menjalani isoman di rumah. Sementara saat menjalani isoman kurang terpantau oleh rumah sakit maupun tenaga kesehatan karena lonjakan kasus yang  semakin tinggi. Di sisi lain ia juga melihat dalam beberapa waktu terakhir tidak sedikit pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat isoman di rumah.

“Dari situ saya pikir bisa untuk meluangkan waktu 1-2 jam di luar jam praktek di RS untuk membantu,” paparnya saat dihubungi Kamis (15/7/2021).

Baca Juga :  40 Persen Omzet dari Ekspor, UMKM Pekalongan Ungkap Strategi Tembus Ekspor bersama Shopee

Mulai 7 Juli 2021 Riyo pun memutuskan membuka layanan konsultasi online gratis. Sebelum praktik di rumah sakit, ia melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi melalui WhatsApp setiap hari Senin-Kamis mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Sehari-hari ia praktik di rumah sakit pukul 08.00-16.00 WIB.

Sejak menawarkan konsultasi untuk pasien isoman melalui akun twitternya @doctoriyo banyak pasien isoman yang melakukan konsultasi. Ia pun sempat merasakan kewalahan karena banyaknya konsultasi yang masuk.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News