Pelaku Wisata
Wagub Cok Ace Semangati Pelaku Wisata Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Wakil Gubernur yang juga selaku Ketua BPD PHRI Provinsi Bali Prof. Tjokorda Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) tampil sebagai pembicara pada Diskusi Kelompok Terpumpun yang mengangkat tema ‘Karangasem Zona Hijau Pariwisata Bangkit’ di Taman Surgawi Resort and Spa, Karangasem,  Minggu (6/6/2021).

Selain tampil menjadi pembicara pada acara diskusi, kehadiran Wagub Cok Ace juga bertujuan menyemangati pelaku pariwisata di Kabupaten Karangasem agar tetap menjaga optimisme di tengah situasi pandemi Covid-19.

Mengawali paparannya, Wagub Cok Ace mengapresiasi semangat Pemkab Karangasem yang memberi perhatian begitu besar terhadap sektor pariwisata. Kendati, pendapatan Karangasem selama ini lebih banyak disumbang oleh sektor pertanian. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa pemangku kebijakan menyadari bahwa pariwisata adalah trend dunia yang harus diikuti karena bertalian dengan sektor lainnya.

Terkait dengan situasi prihatin yang saat ini dihadapi oleh pelaku pariwisata, Guru Besar ISI Denpasar ini menyampaikan bahwa Pemprov Bali telah menempuh berbagai upaya untuk pemulihan sektor pariwisata.  Sejatinya, imbuh Cok Ace, pembukaan Bali untuk wisatawan manca negara sudah sempat diwacanakan pada tahun 2020 lalu. Namun, pasca pembukaan Bali untuk wisdom pada bulan Juli, angka kasus positif Covid-19 mengalami trend peningkatan yang signifikan.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace: Pandemi Covid-19 Ini Mengajarkan Kita Benahi Pariwisata di Bali

Hal ini kemudian berimbas pada penundaan pembukaan Bali untuk wisatawan manca negara pada September 2020. Mewakili harapan para pelaku pariwisata, ia ingin rencana pembukaan Bali untuk wisatawan manca negara pada bulan Juli 2021 mendatang tak ditunda lagi.  Apalagi, jelas Cok Ace, masifnya program vaksinasi telah berdampak signifikan pada penurunan angka Covid-19 di Daerah Bali. Selain itu, Bali juga dinobatkan sebagai provinsi paling taat pakai masker.

Pada bagian lain, Panglingsir Puri Ubud ini juga mengungkap kerinduan publik manca negara untuk segera bisa mengunjungi Pulau Dewata. Hal itu tercermin dari sejumlah hasil survei yang menempatkan Bali sebagai destinasi pertama yang akan mereka kunjungi jika pandemi Covid-19 telah berlalu.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini