Bedah Rumah
Pemkab Buleleng Terus Dorong DTKS yang Akurat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali terus mendorong dan mengupayakan adanya keakuratan isi dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ini diperlukan untuk penyusunan program kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra saat ditemui usai melakukan peletakan batu pertama bantuan bedah rumah pada tiga titik di Kecamatan Gerokgak dan Kecamatan Kubutambahan, Sabtu (19/6/2021).

Sutjidra menjelaskan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buleleng, diperlukan adanya suatu data yang akurat mengenai kondisi dari masyarakat itu sendiri. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) memang menjadi pusat data dari kondisi kesejahteraan masyarakat Buleleng. Pemkab melalui Dinas Sosial (Dinsos) Buleleng terus mendorong dan mengupayakan agar data tersebut benar-benar akurat. Potret dari profil masyarakat yang pra sejahtera atau belum sejahtera bisa digambarkan dalam data tersebut.

“Sehingga ada satu data di Dinsos yang memberi data gambaran mengenai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buleleng,” jelasnya.

Baca Juga :  Dipecat Jadi Polisi, Kadek Beralih Profesi Jadi Maling Motor

Data-data dari potret profil masyarakat Buleleng tersebut untuk selanjutnya dilaporkan ke Badan Pusat Statistik (BPS). Termasuk dicatat juga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi). Dengan begitu, ada sinergi dari pihak-pihak terkait dalam penyusunan program. Utamanya program-program yang menyangkut kesejahteraan masyarakat Buleleng.

“Begitu pula dengan bagaimana kita berupaya maksimal dalam pengentasan kemiskinan,” ucap Sutjidra.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News