Bahasa Bali
PAKIS Bali Tanamkan Budi Pakerti pada Anak Melalui Pengenalan Budaya Bali. Sumber Foto : Istimewa

Menyikapi kondisi ini, Ny Putri Koster menyebut pentingnya usaha menanamkan budi pakerti pada anak sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Peran keluarga itu selanjutnya harus didukung oleh lingkungan masyarakat dan diperkuat oleh pemerintah melalui regulasi.

Diawali dari lingkungan keluarga, Ny Putri Koster menyarankan para orang tua memanfaatkan media pembelajaran seperti satua Bali dalam membentuk budi pakerti anak-anak mereka.

Menurutnya, penanaman budi pakerti pada anak sangat penting karena bermanfaat untuk menumbuhkan rasa saling menghormati, saling asah, asih dan asuh. Dalam konteks penanaman budi pakerti melalui pengenalan budaya, perempuan yang dikenal memiliki multi talenta ini menambahkan, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah regulasi terkait penguatan budaya seperti aturan penggunaan busana adat Bali dan aksara/bahasa Bali.

Ia berharap, seluruh elemen krama Bali memahami dan melaksanakan regulasi tersebut sehingga keberadaan budaya Bali dapat dilestarikan. Regulasi lainnya adalah Perda Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat di Bali. Perda ini dimaksudkan untuk penguatan lembaga Desa Adat di Bali yang mempunyai peran sangat penting dalam penguatan adat dan budaya.

Baca Juga :  Penutupan Bulan Bahasa Bali VI, Generasi Muda Diharapkan Aktif Lestarikan Bahasa Bali di Tengah Pengaruh Budaya Global

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UNUD, Prof. DR. Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum., dalam makalahnya menekankan pentingnya penggunaan lagu anak-anak berbahasa Bali dalam penanaman budi pekerti sejak dini pada anak. Menurutnya, lagu anak-anak berbahasa Bali mengandung pesan moral yang sangat mendalam.

Sedangkan Penyuluh Bahasa Bali, Wayan Yogik Aditya, SS., M.Pd.H., dalam paparannya menyarankan penggunaan satua Bali dalam menyampaikan pesan moral pada anak-anak.

Ia mengingatkan para orang tua agar mengontrol putra putri mereka dalam mengakses media sosial dan hiburan yang bermunculan belakangan ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News